Desember 18, 2015

CERITA LAMARAN : Tunangan ato Lamaran??

Setelah postingan kemaren, banyak yang nanyain ttg E-Day nya kapan diposting. Mengingat emang udah lamaaaa banget sih..
Pengennya saya sih mau skalian diceritain sama balikin lamaran pas dirumahnya Tito. Tapi kyaknya emang kelamaan banget yaaa. Takut juga nanti malah lupa detailnya. *mudahan aja gak amnesia*

Dari beberapa pertanyaan yg diajuin ke saya, ada satu pertanyaan nyempil yg bikin saya akhirnya kepikiran lagi.
"Mbak, ini lamaran apa tunangan?"
Deg
*komuk terkejut dan terpatung*
*kasih efek komik*

Hahahahaha.
Asli saya kemaren juga mikirin ini sebelum acara. Sempet browsing kesana kemari buat nyari apa bedanya lamaran dan tunangan. Tito juga bingung nanya temen-temennya.
Baiklah ini pasangan calon manten amatiran.
Anggap aja baik cewek dan cowoknya bego.

Sebelum membaca postingan ini ada baiknya mencari referensi di google dan blog surfing dlu biar sedikit membantu. Kalo gagal membantu, ya setelah baca postingan ini dijamin bakal makin bingung lagi. Hahhaha.
Saya tidak ingin menjebak.
Ada garis tipis antara tunangan dan lamaran. Kalo mau dipikir sakarepe dewe, menurut saya mereka sama.
Intinya sama-sama mengikat.
Tapi dari beberapa sumber yang membedakan, tunangan itu inisiatif dari pasangan, kemudian diwujudkan ke dalam acara yang lebih formal dengan membawa orangtua dari kedua pihak yang disebut lamaran. Tunangan itu ttd MOU kedua pasangan, lamaran prosesi ttd MOU antara orangtua. *ini teori ngawur*
Maka dari itu biasanya lamaran printilannya lebih banyak dan lebih ribet drpd tunangan. *lagi-lagi ini ngawur*

Trus bijimana dgn saya?
Niat awalnya tito adalah "mengikat".
Kenapa ia butuh ikatan?
Karena ia takut.
Kenapa ia takut?
Karena : 1. Kami jauhan. 2. Saya sering khilaf, 3. Dia denger cerita bahwa beberapa kali ada orang yg menanyakan saya dan bermaksud meminang via taaruf gitu. 4. Udah pacaran susah-susah masa dia rela saya diembat orang. Sia-sia dong LDR sepanjang tahun. :D

Jadi doi dengan berani menyatakan keinginannya itu kepada orangtua saya.
Sempet sih dia ngirim kode. Maksudnya dia minta didesek dulu sama orangtua saya. Lha tapi orangtua saya sendiri ini nyantaaiii kyak dipantaii. Anaknya nikah umur berapa yaa monggo. Jadi gak butuh mendesak anaknya kalo emang blom mau dan blom siap. Nah lhoooo... kapok kan ente?
Jadilah dia semakin pusing menghadapi situasi ini. Mikir mikir mikir, pas pulang dia udah punya tekad. Saya gak maksa dan saya juga gak ngelarang. Kalo dia berani yaa ayok. Eh ternyata kejadian jugalah akhirnya seperti cerita beberapa waktu lalu.

Orangtuanya gimana?
Nah ini yg jadi persoalan. Tito pikir acara selow aja. Antara keluarga kecil, makan malem trus tukar cincin sbg simbolis.
I dreamed bout it too.
Dia pernah bilang, yaa tunangan aja dlu. Nanti kalopun mau diadain lagi acara lamaran yaudah adain aja. Manut sama orangtua.
Pasalnya entah dari mana asalnya, kami sendiri punya mindset bahwa umur lamaran itu gak lama. Maksimal diadakan enam bulan sebelum pernikahan. Kalo lebih dari jangka 6 bulan, harus lamaran ulang. Hahahha. Itu ngawur buanget sih. Tapi ada temen pake cara arab timur tengah juga gitu aturannya.

Setelah mengajukan proposal ke orangtuanya Tito, ternyata kenyataan berbeda. Satu kompi kluar semua. Pak dhe, bu dhe, pak pooh, bu pooh, keponakan, sepupu dan lain-lain ikut menyerbu. Jadilah acara sederhana jadi rame.
Acara yg semula mau santai, jadi berantai. Seserahannya jadi mrintil, banyak + ribet. Rencana tuker cincin masih. Tapi yg nuker orangtua masing-masing.
Duh kan.. jadi ribet. Niatnya apa jadinya apaaa. Biarpun melenceng dari rencana dan keinginan kita, tapi satu hal yang pasti, kami nurutin maunya orangtua.
Alhamdulillah.. the power of manut orangtua itu berkahnya luar biyasaaaw!

Jadi, acara apakah yang telah kami adakan?
Lamaran. Yap lamaran. Tapi kami belum berencana apa-apa soal pernikahan. Entah kapan, entah taun ini atau taun depan. Semua akan dibicarakan sembari berjalan.
Sambil menata satu-satu, hal-hal yang harus diletakkan ditempatnya sesuai dengan waktunya. You know what I talk about. *nyengir*
One step closser to menyempurnakan setengah agama, menjalankan sunnah Rasulullah dan lebih dekat dengan surga dunia.

Bismillahi awwali wal akhirii..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mari berbicara..