Februari 06, 2016

Perjalanan panjang, per-SKINCARE-an yang bikin pusiang

Haloooooo.. Assalamualaikum..
Bagaimana kabarnya disela banyak kesibukan nyiapin printilan dan vendor-vendor pernikahan?
Udah mulai stress? Berat badan makin naik apa kurusan? Jerawat gimana?
Muka nambah kucel ato makin kusem?
Hahahahahha. Gak ada yg beres yaak?!
Iyaaa banget.
*Itu mah pertanyaan yg disambi curhat colongan.*
Kenapa?
Soalnya mkin hari mkin gak terawat aja ini badan. Mulai yg dari sembarangan makan lagi (padahal kemaren-kemaren udah berhasil program diet), hingga kulit muka yg nambah kusem.
Gatau lagi ini mau diapain, mau digimanain. Nyatanya pelembab tebengan punya adek gak mempan lagi diwajah saya. Yg ada malah makin bikin muka gak kerukeruan. Apalagi kalo siang, dan harus ekspedisi di jalan. Alamaaaaaakk udah kyak penggorengan berkerak dan berminyak jalan-jalan. Udah kena panas kan... tinggal bawa telor, garam dan nasi hangat. ^^
Makin ga pede lagi pas Tito pulang trus sering berdecak kecewa sambil terheran-heran liat muka dan tampilan yg berantakan.

:'( Sediiiiiiiiiiiiiiiiiiiihh.

Jadilah harus menambatkan diri dengan satu produk untuk merawat, menjaga dan kalo bisa mencerahkan kulit wajah. Lalu, apa yang saya lakukan??
NYOBA-NYOBA.
Part yg bikin saya nyesal. Namanya kulit wajah, yaa tipis, sensitif, rempong, dan paling gampang ngambekan. Hasil dari nyoba nyoba adalah muka yg beberapa kali breakout dari tahap ringan, menengah sampe parah.
Sebenernya saya gak seberapa bermasalah sama kulit wajah. Muka saya gak gampang jerawatan. Hanya muncul jerawat musiman di kala siklus bulanan. Tiga - empat hari ilang.
Daerah T berminyak. Tapi bgian pipi-pipi ini cenderung kering. Kalo gak salah sih ini jenis kulit kombinasi dan termasuk normal. Tapi sempet berminyak buanget dan gak nyantai gara2 produk pelembab brandstore yg saya beli di H*permart.

Yg jadi masalah adalah kecerahan. Kulit muka saya sama leher malah cerahan leher. Parahnya lagi dibanding sama kulit tangan, masih cerahan kulit tangan. Gimana gak pngen ngedempul muka pake potas, mercury ato bayclin gitu biar cepet putih. Ya kaaann???
Produk pertama yg saya coba pake adalah rangkaian whitening seriesnya Ponds. Gak lama 2 bulan aja. Dulu pernah pas SMA make pelembabnya ponds bertahun-tahun. Tapi pas itu kebutuhan wajah gak kayak sekarang. Dulu sih fungsinya sekedar melembabkan dan melindungi muka dari sinar jahat. Bodo amat mau gak bikin putih, gak bikin cerah, gak komedoan ato apalah.
Kalo sekarang??? Wuuuuuusshh. Dua bulan rajin make facial foam, day cream, night cream tiap hari udah kyak orang ritual gak pernah telat, ttep aja gk ada perubahan. Yg ada malah muka makin berminyak gak tau diri. Sikon lagi depan gebetan, depan gacoan, depan berondong2 kece mana peduli. Untung aja oily paper face bersedia jadi ibu peri hati yg siap ngusep tiap saat pas muka lagi kileng2 parah.
2 bulan ritual hasilnya gmana??
Dasar udah kulit badak kali yaaa... biar dipake bulanan yaa gak ada perubahan. Gak cerah, ada bruntusan yg rajin nangkring di dahi, dan berminyak parah. Udah deh gak saya lanjutin. Semacam gak sabar banget punya muka minyakan muluu. Pas banget rangkain produknya habis.
Namanya kulit make produk ya cocok cocokan yaaa... yg cocok bikin muka oke, yg ga cocok bikin muka makin parah.

Habis make ponds ini saya makin bodo amat.
Ngandelin the power of facial foam. Jadi sebenernya saya cuocookk banget pake facial foamnya clean & clear. Dari jaman SMA udah percaya banget sama produk satu ini, dan gak pernah lepas. Skalipun sempet nyobain facial foam lain punya temen pas lagi nginap ato pas lagi gak bawa.
Kmren aja pas pake rangkaiannya ponds, karena niat biar maksimal, saya ganti facial foamnya punya ponds juga. Baru sekali pake udah tau bedanya. Kalo ponds itu bentuknya creamy lembut gitu. Kalo dipake cuci muka, busanya buanyak. Efeknya habis dibilas, muka jadi putih - sementara -. Gatau kenapa. :D trus dimuka keseeeeeet banget. Keset yg cenderung kaku dan berasa kenceng bangett. Tapi menurut saya justru ini yg bikin muka jadi cepet berminyak. Entahlah ~
Beda sama clean & clear, yg bentuknya bening cair gitu. Emang gak bikin muka keset, tp lembut. Busanya gak banyak. Ada semacam efek yg bikin muka serasa masih ada sabunnya. Licin-licin gitu. Tapi justru ini yg saya suka. Gak bikin muka kaku dan gak terlalu berminyak.
Makanya setelah gak pake ponds lagi, balik lagi ke facial foam ini, udah ini aja cukup. Gak pake bedak, foundation, cream cream apalah juga enggak sama sekali. Selama pemakaian ini wajah gak pernah jerawatan. Paling pas waktu menstruasi aja, 3-4 hari ilang.
Jadi udah ckup facial foam aja??
Yaaa enggak laaaaaahh~ kulit saya bukan kulit bayi lagi. Udah keracun makanan, paparan sinar jahat, blom lagi oksidan, polusi dsb. Jerawat sih gak ada, jarang banget. Tapi kusemnya boooookk~ ngaca aja malu sama diri sendiri. Kalo bisa ngomong, pasti kulit muka udah meraung-raung minta hak untuk dirawat dan dimanjain sesuai dengan peri ke-kulit mulus-an dan ke-kulit kinclong-an.
Tambah lagi bunda udah bawel ngingetin facial kesini kesitu, pake krim ini krim itu. Dan si tito *ini paling penting* rewel banget sama komedo saya. Tangannya gatel ajib tiap nganggur bawaannya mencet2in hidung saya muluuu.

Aaaaaaakkk. Udah lah gak sabar lagi. Kyaknya emang saya kudu dapet treatment niih.
Udah pake niat bulat buat milih perawatan, saya surfing blog di google dan sharing2 ke temen2 yg udah make jasa perawatan skincare. Dan ternyata muacem-macem banget perawatan yg mereka pake. Makin pusing lagi hamba ini, yaa Tuhaaaaaann...
Mulai dari krim online, skincare lokal, dokter kulit, klinik skincare spt LBC, natasha, naava green, dan lain-lain. Saya gak sanggup cari review mrintil ttg detail perawatan masing-masing. Satu aja yg saat itu saya prioritaskan adalah mau diperiksa sama dokter yg jelas dengan harapan kulitnya makin cerah -kalo bisa putih juga- sesuai dengan warna kulit asli saya.
Mulailah merhatiin temen-temen yg udah kasih recommend, yg kulit mereka setipe dgn kulit saya yang jawa banget. Coklat sawo matang yg hampir kematangan. Saya gak mau pake perawatan yg hasilnya kyak kulit syahrini yg kinclong bening kyak plastik tipis. Munyur-munyur klo saya bilang.
Stelah denger dari temen SMP, temen SMA, tante, budhe, temennya bunda, dan temen kenalan mereka pada perawatan di dr.Nunik, Kediri Skincare. Karena emang di kediri sih yaa, makanya org2 sini pada cocok kesana.
Saya perhatiin muka tante, budhe, dan temen2 itu sih emang bersih banget. Cuman hasilnya berbeda antara satu dengan yg lainnya. Saya pikir mungkin emang perawatan yg dikasih beda utk setiap orang, jadi dokternya nge-resep-in sesuai dg kebutuhan kulit masing2 customer. Yaudah deh.. mantep kesana.
Kunjungan pertama saya langsung ke apotek Tasia. Dimana dokternya stay. Lantai dasar untuk apotek, lantai 2 untuk ruang konsul dan perawatan.
Udah register, nunggu dan kepanggil juga, saya masuk ke ruangan yg cukup kecil. Ditanya dokternya, ngobrol-ngobrol, diliat doang mukanya, lgsg dikasih resep. Semacam kode kode untuk ngambil cream yg sesuai dengan kondisi muka saya.
Selesei konsul, ke meja kasir, bayar.
Setelah itu turun ke lantai 1, nebus resep, ambil cream2 itu, trus bayar lagi. Jadi bayar konsul sendiri, bayar obat creamnya sendiri.
Seinget saya gak mahal. Dapet sunscreen, day cream, night cream, dan facial foam. Cuman saya gak inget berapa nominal pastinya. Mungkin kunjungan pertama ini gak lebih dari 300ribu.
Pemakaian awal, wajah saya baik-baik aja. Seminggu kemudian mulai ada ruam-ruam, trus bsoknya ngelupas. Saya meyakini bahwa beginilah cream skincare bekerja. Proses pengelupasan gak lama kok, 3 harian. Saya santai aja sih, gak panik, karena ngelupasnya juga gak parah.
Sekitar hidung, pipi bawah, dan dagu.
Nah masalahnya adalah setelah pengelupasan, saya merasa kulit muka makin berminyak. Menurut kamus bahasa jawa ini disebut kumus-kumus. Sepanjang hari, gak siang gak malem. Warna kulit juga berubah, saya pikir memerah setelah pengelupasan adalah wajar, tapi memerahnya gak padam-padam. Saya tungguin dengan harapan merah2nya ganti warna jadi kuning ato hijau *dikira trafficlight kali yak*, dan ternyata gak ganti warna juga. Oke, wajah saya jadi kinclong - berefek shiny ato mungkin karena berminyak -, gak ada jerawat satupun, bruntusan, komedo juga mayan bersih, tapi muka saya jadi putih semu pink *kayak gambar komik ketika ekspresi muka malu-malu*, dan pori-pori membesar. Waaaaaaaaaahh... ga bener ini.
Bukan seperti harapan saya dong ini.
Tiga minggu pemakaian, udh kulit berubah gini, saya balik lagi k tmpat dokternya. Ternyata kalo pagi, dokternya di klinik Kediri Skincare. Di jalan imam bonjol, sebelum traffic light simpang empat ngadisimo. Saya konsul lagi sekaligus treatment facial yg sebelumnya saya gak mau lakukan. Saya diminta lebih rutin pemakaiannya dan hasilnya bisa maksimal.
OKEE.. mgkin saya yg gak sabaran. Dan kulit muka saya masih tahap penyesuaiam. Pemakaian dr Kediri Skincare ini tetap saya lanjutkan.
2 bulan pemakaian ; pas tito cuti pulang, doi kaget. Muka saya mungkin jadi putihan dan bersihan, jadi ke-pink pink-an, dan dia tambah sayang. Ternyata pikiran itu hanya ada di kepala saya. Justru tito kagetnya kaget takut ato ngeri.
"Kok muka kamu jadi gitu, nhok?"
Arrgghh!!!! Saya lgsg hentiin pemakaiannya.
Fix, muka saya putih munyur-munyur, bening pink gitu, glowing shiny tapi kumus-kumus, pori-pori makin gede, dan otot ato pembuluh darah ato apalah itu makin keliatan jelas di sekitar mata dan pipi bawah. Yg jelas warna muka putih ke-pink, tp kulit leher ttep coklat kekuningan. Gak nyambung lahh~ Stop it! Ndak saya lanjutkan sejak saat itu juga.
Sedih??
Iyaa banget.

Kenyataan bahwa skincare cocok-cocokan itu adalah benar.
Saya udah putih, trus kurang apalagi??
Saya emang mau putih, tapi bukan seperti ini. Bukan muka putih, tapi leher dan bagian badan lainnya cenderung ke kuning.
Ini yg saya gak mau, saya jadi kyak pake topeng, ya kan?
Padahal kalo ada cewek yg kyak gitu, saya sering mbatin dalam hati, "kenapa mau putih aja dibelain make topeng?"
Dan kali ini saya kena karma.
Hhuuvvtt.
Pengalaman skincare pertama saya jadi bikin semacam trauma. Udh emoh pake gitu2an lagi.
Tp ttep saja saya harus merawat kulit saya. Setelah berhenti make cream2 itu, apa yg terjadi sama muka saya?? BREAKOUT PARAHHHH.
Lgsg kusem lagi, makin kusem dari sebelumnya, makin iteman lagi, dan bruntusan jerawat bikin banyak scar, noda2 bekas jerawat. 3 bulan bener bener hidup terombang ambing tanpa produk pasti. Facial foam pake sabun pepaya, pke sunblock doang pas mau pergi kluar rumah, dan rajin pake foundationnya revlon buat nutupin scar. Oiya, jadi sering maskeran sendiri dirumah pake minyak zaitun, mentimun dan buah apa aja biar cepet ngilangin efek ketergantungan resep dokter. Sedih kan yaa??

Perjalanan nyampe sini aja??
NO LAH~
Sempat hampir putus asa, si Tito yg sering banget denger keluhan, memberikan semangat untuk memberikan satu kesempatan lagi buat mempercayakan urusan kulit muka ke klinik skincare.
Bocoran yaaa.. Tito udah setahunan lebih make LBC. Krna kerjaannya diluar ruangan, emang harus ekstra menjaga kulit muka dari cuaca ekstrim dan paparan sinar UV. Dan menurutnya LBC oke banget buat dia karena cocok sama kebutuhannya. Makanya doi bilang supaya aku milih skincare lagi dgn lebih teliti dan hati-hati. Dan ngeracunin buat ikutan ke LBC kyak doi.

Sekali lagi saya blogsurfing kemana2.
Sekali lagi saya meyakinkan diri saya.
Sempet mau ngoprek tabungan make SK II yg banyak dipuji wanita sejagad indonesia, tapi nanti kalo saya gak bisa lanjut pake smua rangkaiannya gimna? Budgetnya harus bener2 diperhatiin lagi, apalagi habis ini mulai hidup berdua dan mungkin bakal hidup diluar kota. Hiks.
LBC? Skip.
Natasha? Skip.
Navaagreen? Skip
Larissa? Mikir 2 kali, Ceklist.
Beauty Rossa? Pikir lagi.
La Rose? Skip.
Erha? Skip.
Melilea? Mikir 2 kali. Ceklist.
Oriflame? Mikir 4 kali.
Saya punya alasan untuk khawatir menggunakan produk2 skincare tsb. Dan kekhawatiran saya terjawab pada teman2 yg memakai produk2 tsb. Skaligus berdasar pengalaman saya sebelumnya memakai produk klinik skincare. Kebanyakan yang saya liat hasilnya skincare rata2 sama. Whitening. Bukan brightening. Memutihkan bukan mencerahkan. Kalo dibikin putih, nanti sama aja kayak skincare sebelumnya.
Bagi yg suka muka glowing - pinkish sih skincare mana aja kyaknya bisa. Cuma soal cocok cocokan. Kalo muka kyak saya dibikin putih, jatohnya malah pucat. Jadi saya membulatkan tekad untuk make skincare untuk brightening aja, biar aja kulit saya masih sawo mateng banget gini, asal diliatnya enak - gak bikin orang mbatin. Biarlah saya tetap mempertahankan ke-eksotis-an kulit sawo kematengan jawa saya ini.
So, mau pilih apa?
Pilihannya jatuh pada melilea, the body shop, dan oriflame. Dari pamornya mereka bagus. Karena komposisi yg aman dan terjamin meskipun blom ada sertifikasi halal. Dari harganya juga masih terjangkau dompet saya. Dan satu lagi mereka meng-klaim diri sebagai produk yg aman dipake sama bumil. Jadi kalo nanti saya hamil *kejauhan booook* *nikah aja belom*, saya masih bisa menggunakannya. Kan gak mungkin sih saya pake skincare 2-3 bulan aja, pasti mikirnya juga buat pemakaian jangka panjang. Makanya skalian aja mikirnya kejauhan, biar nanti gak ganti-ganti skincare lagi.
Mikir dua tiga kali lagi, Tito bilang its okay pake storebrand, tapi km juga perlu treatmentnya. Biar ada yg ngefacial, yg mencetin komedo, yg mijit2in badan kalo lagi capek.
Bener juga siih. Kyaknya saya juga perlu dokter kulit misal nanti ada msalah sama kulit saya.
Satu-satunya pilihan saya ada pada Larissa. Aesthetic center yg mengklaim dirinya aman, dan mengusung konsep "Natural Ingredient with High Technology". Pas baca reviewnya, emang banyak yg bilang gak ngaruh dimuka, hasilnya gak oke, lama banget prosesnya, dan gak memutihkan. Tapi untuk masalah jerawat, doi ahlinya. Nah.. justru ini yg saya mau. Yg cukup mencerahkan, bukan memutihkan.
Makin mantep lagi pas liat websitenya buat nyari tau budget yg harus disiapkan, saya seneng, soalnya terjangkau. TERJANGKAU. Kalo mau liat produknya larissa bisa klik disini. Di kediri juga sudah ada kliniknya. Yeay. Makin menggebu buat perawatan kesana.
Akhirnya usailah perjalanan panjang skincare saya dan untuk saat ini saya mempercayakannya pada Larissa. Semoga aja kita cocok yaa Ssaa..

Tulisan ini benar2 berdasar pengalaman saya. Tidak ada tujuan untuk menjatuhkan ataupun mempromosikan produk manapun. Sekali lagi, Skincare adalah tentang KECOCOKAN masing2 orang. Kecocokan pada harganya, kecocokan pada manfaatnya dan kecocokan pada kulit kita.
Next post saya akan menceritakan pengalaman pertama saya di Larissa yaaa.
Chao chao ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mari berbicara..