Desember 15, 2015

CERITA LAMARAN : Hunting Cincin Kawin di Kediri

Hap hap hap!!
Si Tito Betrosa bener2 sukses bikin hectic.
Rabu malem baru bilang, padahal minggu udah L-day. Gimana bunda saya gak naik turun darahnya buat nyiapin acaranyaaa??
Usyet anett emang.

Tapi alhamdulillah acara semuanya berjalan dengan lancar, aman, terkendali. Meskipun yaa emang selalu ada yg enggak beres dalam setiap acara.

Saya mau share nih buat calon-calon manten lainnya yg tinggal didaerah Kediri dan sekitarnya, kali aja masih bingung mau beli cincin dimana. Saya udah sempet mampir-mampir beberapa tempat, sebelum akhirnya secara sengaja tito ngajak ke toko mas DAMAI.


So, check this out!
Memutuskan untuk menggunakan sebuah simbolis dengan tujuan kedatangannya meminta secara formal kepada keluarga saya, Tito bersikeras menggunakan cincin, dan mendapatkannya sesuai dengan selera kami (yang bakal make cincin ini seumur hidup). Makanyaaa... meskipun dalam perjalanannya, cincin ini bagian dari kejutan tak terduga darinya, tapi doi tetep mempersilahkan saya sendiri untuk memilihnya.
Sebelumnya emang udah pernah liat-liat desain cincin for engagement gt. Di mbah google sama instagram kalo di search pake hastag yang bener juga udah pasti nemuin. Dari yang mainstream sampe yg gak ketrima akal sehat. Nah, pas milih desain untuk cincin ini, sebagai insan feminin yang mau jarinya makin cantik ditangkringin cincin, saya pengennya cincin mungil dengan swarovski mata putih satu ditengah yang gede, tapi badannya kecil aja. Cuman konsekuensinya adalah saya dan tito gak mungkin kembaran. Desainnya terlalu feminin.
Pas dipikir-pikir lagi, kayaknya desainnya gak cocok sama saya yang berprofesi sebagai assisten rumah tangga saya sendiri. Kegiatan ngucek cucian, nyapu ngepel, masak dan ngegosok panci apa kabarnya deh kalo saya make cincin yg bentuknya lucu, imut, ngegemesin gitu. Yg ada nanti pasti kecantol-cantol kain baju, kepentok gagang sapu, dan kegesek kawat panci. Bagus kalo cuman kepentok, kalo lepas kemudian ilang gimanaaa???
Akhirnya saya memutuskan untuk nyari alternatif pilihan lainnya yang kesannya lebih kokoh, kuat dan tangguh menghadapi segala permasalahan dunia perbabuan. Ketemulah di instagram.
Saya naksir berat sama cincin dengan kesan rustic dengan aksen motif guratan gak rata kayak permukaan kulit terluar batang pohon mangga depan rumah. Hweeeeehe.
Ato motif embose yang aslinya udah mainstream bgt sih di toko-toko emas.
Nah, Tito kemaren itu nurunin saya di toko emas DAMAI Kediri "yang katanya" punya standart emas paling bagus di sekitar Kediri. Tokonya disekitaran jalan Dhoho, kompleks pertokoan perhiasan emas.
Meskipun udah punya gambaran tentang desain cincin yang saya mau, pas disana disodorin lagi desain cincin yg buanyak macemnya itu, perempuan ini galau lagi. Pas awalnya, saya dilayani sama mbak-mbak yg malesin, jutek, suka ngedownin mental dan underestimate gilak. Bilang yg mahal lah, bilang yg gak cocok lah, gak "biasa", lama pembuatannya, susah desainnya, dan kesannya nyuruh kita milih cincin yg udah ada di display aja.
Malesin kan???
Saya mah lama-lamain aja disitu sampe orangnya gedeg sendiri. Sampe ditinggalin sama tito buat ambil cash di atm terdekat. Soalnya tito sendiri males sama embaknya, alasan aja ambil cash, padahal bisa bayar pke debetcard.
Daaaaaaaan... bener kan mbaknya sampe nyerah sama saya. Doi lemparin ke temennya. Hahaha. Salah sendiri gak kooperatif gitu. Ada calon manten lagi bingung malah dikacauin.
Mbaknya yg kedua ini friendly banget, komunikatif dan nyenengin. Apa-apa yg saya mau diiyain sama dia. Ngasih saran-saran yg menurut saya tau banget selera calon manten kyak kami. Akhirnya beberapa menit aja ditemenin mbaknya yg baik hati ini, desain cincin akhirnya jatuh pada model plat agak lebar dengan pinggiran "selep". Trus dibikinin nota deh sama mbaknya. Cuman cerita belom berakhir disini. Saya gak tau, tito minta brapa hari jadinya, ato gmana. Karena skali lagi cincin ini bagian dari surprise, dan dipesan sebelum tito mengutarakan niatnya buat acara kerumah, sepertinya ada negosiasi terselubung antara tito dan pemilik toko serta embaknya yg mengatakan cincin dgn pinggiran "selep" ini gak bisa dibuat. Kalo mau pinggiran "selep" musti masukin ke pabrik dulu dan alasannya chargenya tinggi dan gak bisa nentuin kapan jadinya. Duh, langsung kecewa. Udah srek banget padahal. Tito sosoan nenangin saya. Trus ngasih saran gimana kalo lebarnya ditambahin lagi. Meskipun mainstream bgt bentuk cincinnya, tapi menurut saya oke kok.
Udah FIX langsung cincinnya langsung ambil itu tanpa ba bi bu.

How bout the price?
Hitung aja yaaa.. dua cincin kami berat total ada 12 gr. Per gram saat itu sekitar Rp 512.000,- .
Kami gak ambil 24karat. Krena 24karat itu terlalu lunak kata embaknya. Klo buat cincin nikah yg bakal dipakenya bertahun-tahun, takutnya ngikis dan gampang benjo kalo kepentok. Jadilah kami pesan yg setara 23karat. Yg lebih kokoh dan awet.
Ongkos bikinnya masing-masing Rp 500.000 percincin. Dan tambah lagi Rp 100.000 untuk nge-chrome emas putih (tito ambil emas putih, meskipun sama seperti emas kuning, tp biar kesannya sperti bukan emas. Lagian sama tito gak bakal dipake. Cuma buat simbolis dan kenang2an saja).
Bisalah yaa hitung total akhirnya berapa untuk sepasang cincin ini?
Kami masih dapet potongan juga dari kokonya yg baik hati. Alhamdulillaaaaaah, total harga ini jauh dari perkiraan kami. Jadi budget bisa dialokasikan ke kebutuhan lainnya.

Gimana dengan toko lainnya di Kediri??
Sejauh yg pernah saya datengin. Beberapa toko emas di sekitar jalan dhoho kediri hampir semuanya nrima pesanan cincin kawin "dengan desain standart". Yg didisplay itu yg mereka sanggupin, meskipun ada yg bisa sih bawa gambar contoh cincin yg dipesan. Mksudnya biar bikinnya juga mudah.
Toko mas Kuda dan Semar misalnya, mereka udah ada display cincin kawin yg menurut mereka cincin kawin itu "biasanya" kembar. Jadi bentuk cincinnya cocok dipakai perempuan dan laki-laki. Biasanya cuma plat gitu, ato gilig dengan aksen mata ato ukiran ato guratan. Kalo menurut saya cincin kawin gak harus kembar sih. Gatau deh ini embaknya di dua toko ini selalu bilang "biasanya biasanya".
Tapi tergantung lagi sama yg mau mesen cincin mau desain seperti apa.

Apa semua harga emasnya segitu?
Enggak dong. Enggak semua harga emas di masing-masing toko sama. Meskipun ada standart harga emas. Tergantung dari berapa karat emas yg mau dibikin.
Ada yg emas biasa, 70%, 90%, 22karat, 23karat dan 24karat.
Pastikan dulu mau pake yg berapa karat, dan mau berat berapa. Trus tanyain deh ke tokonya masing-masing harganya. Biar bisa sesuai dengan budget kita. Saya sarankan juga untuk nanya ongkos bikinnya terlebih dahulu. Jgan cuma menghitung harga emasnya aja. Nanti kaget bgitu liat nota, kok ada biaya diluar harga emas. Hehehhe.
Saya kmren pesennya gak barengan sih. Maunya pesen satu aja buat saya, krena saya aja yg mau pake cincin. Tito gak usah. Ternyata ada acara lain, ibuk minta skalian aja bikin sepasang, meskipun gak bakal dipake, tp bisa disimpan. Kata ibuk sih penting juga punya pasangannya. Mau gamau besoknya balik lagi buat mesen.
Seinget saya mbaknya pernah bilang, kalo pesennya langsung sepasang bisa hemat ongkos bikin. Tp krena udah terlanjur dimasukin pengrajin dluan (yg punya saya maksudnya), jadi punya tito kena ongkos bikin lagi.
Ongkosnya udah dijelasin diatas tadi.

Lama gak bikinnya??
Rata-rata sih pasti bilang antara 3minggu - sebulan. Kalo menurut saya, itu cuma jarak paling aman, dan semuanya tergantung pada desainnya.
Buktinya pas saya mesen, mbaknya juga bilang sekitar sebulan, kalo udh jadi mau dikonfirmasi. Heleh, nyatanya seminggu dr pesen cincin, tito udah bawa cincin yg saya pesan.
Karena modelnya simple, jadi bikinnya cepet.
Jgan terlalu mepet saat perjanjian ambil cincin dengan acaranya. Ada semacam fitting cincin, yg bisa dimanfaatin dgn maksimal. Misal jadinya kegedean atau kesempitan. Atau ada model cincin yg ternyata gak cocok sama jari kita. Smua bisa dibenerin, dengan cacatan mereka minta waktu lagi untuk nyelesein.

Next time saya akan upload gambarnya yaa.. sementara blogger lewat handphone agak susah nemuin gambarnya. Hehehe.
Gimana? Udah sedikit terbantu kan? Sudah ada pencerahan kan perihal bab percincinan?
Satu lagi, dalam islam tidak ada sunnah atau perintah ttg tukar cincin ato cincin sebagai tanda cinta ato apalah apalah. Jadi tidak boleh disalah artikan. Cincin juga tidak wajib untuk dipakaii tiap hari, karena yg wajib dipakai tiap hari itu jilbab. :D dan cincin yg diberikan saat lamaran itu hanya sebagai hadiah dari calon suami kepada perempuan yang ia minta dari keluarganya.
Jgan diniatin macem2 yaaa, nanti malah salah niatnya. Mudahan kita semua dijauhkan dari perbuatan syirik. Amiiiin..

Kalo masih bingung juga dan butuh mau nanya, silahkan coretin comment yah.. ato add id line saya : dynins .
Bhay....

Ini cincin motif guratan kayu. Rustic banget kaaaaann..
sayang, sebenernya cincin ini bisa dipesan, tapi karena belom pernah ngebikinin macem ini sebelumnya,
Saya parno nanti jadinya gak akan se-unik dan se-flawless ini.
Motif embose yg classy abiiss.
sukaa banget, suka!! Tapi yg saya liat embose di cincin display gak seimut2 embose
di gambar ini. Lagian kata embaknya jadinya bakal lama.
Voilaaaaaa!!! Ini lah yg akhirnya saya pesan.
mainstream sekali kaaaan. Plat ring dg efek shiny. Ketebalan cincinnya juga beda
punya saya lebih tebel jad keliatan lebih kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mari berbicara..