April 08, 2016

WEDDING PREPARATION : Drama Gundah gulana UNDANGAN PERNIKAHAN

Huah.
Akhirnya sampai ke step : nentuin desain wedding invitation.
Padahal tema buat pernikahannya, saya masih puyeng ambil jalur gaza perang politik sama keluarga, negosiasi sama mas calon, dan berkoalisi sama vendor "sponsor". Ceileeehh..
Tau deh ah, gaurus dulu sama temanya. Yg jelas ini udah mepet sama hari H, jadi harus cepet-cepet ditentuin desainnya. Krena saya udh sampe capek diingetin kalo didunia perundang-undangan kawinan ini kdang suka mleset dr deadline. Ato hasilnya kurg sesuai sama ekspektasi, ato nanti undangan jadi rempong di penyebarannya. Jadi bener2 kudu digarap dari jauh hari. Ini calon manten terlampau selow banget, udh tinggal brapa puluh hari undangan blom juga dikerjain. Yasaalaaaaamm

Oke. Mari kita mulai.


Step one.
Saya gak mungkin langsung mutusin secara sepihak desain yg saya suka. Soalnya yg nikah bukan cuma saya, ada mas calon. Undangan bukan buat temen2 saya saja, tapi temen2 mas calon yg notabene cowok2 jantan yg "masa dikasih undangannya bunga2 gini?, kan kurang manly. Ini mah feminin banget". Ato temen2nya ayah bunda dan bapak ibuk yang sudah agak sepuh-sepuh mungkin sudah gak pantes buat nerima undangan yg banyak huruf ato gambar alay ato tinta blink-blink. And yes! Saya juga gak mau seheboh itu.
Di kepala saya yg kian hari kian besar derajat gesreknya ini, udah tertancap kuat akar pohon dikotil yg bernama UNDANGAN NIKAH itu yg dibutuhin cuma SIAPA, KAPAN, DIMANA.
Tentang warna undangannya apa, ada garis lurus apa lengkungan,kertasnya tebel apa tipis, fontnya tipe apa dan berapa ukurannya, trus ini foto mantennya apa bukan, ato "preweddnya lucu yaaa" ato apalah, saya  yakin seyakin-yakinnya cuma 10% yg merhatiin. Kalopun ada yg merhatiin, pasti mereka nyari kertas kupon souvenirnya ato mungkin mereka lagi mau nikah jadi mau nyari inspirasi desain undangan. Lebih dari itu, mereka iseng.
Jadi harusnya soal desain itu masalah gampiiil. (Nunjukin ujung kelingking pake ujung jempol dengan muka tengil).
Kalo gitu bikin aja di microsoft word, kasih ukuran fontnya yg guede, diprint out, difotocopy, dan sebar! *kyak undangan rapat RW*
Ato smsin aja atu-atu dengan format :
NAMA - ALAMAT - TANGGAL & WAKTU - NO. REKENING BANK. Dg catatan "Tanpa mengurangi rasa hormat, mempelai tidak menerima sumbangan berupa tunai. Sumbangan non tunai dapat langsung di transfer ke nomor rekening tersebut dalam waktu 3 x 24 jam." (Jadi bisa dikredit dlu)
Hwehehehehe.
Sayangnya, GAK SEGAMPANG ITU sih BRO.
Undangan nikah itu secara bahasanya orang pinter adalah senjata buat "nyuwun sewu", mohon doa dan restu biar pernikahan ini langgeng, bahagia dan mendapat keridhoan dari banyak orang. Kalo orang mau minta, terus tampilannya compang-camping, yaa dikasih cepek. Biar ikhlas, tapi dikit. Soalnya pada tau pasti itu ngemis. Tapi kalo mengundang tamu dengan menghormatinya, bersikap manis, membahagiakan tamu, dan ramah sebagai tuan rumah, yaa tamunya bakal ngasih restunya ikhlas bahkan bisa ditambah doa-doa smoga sakinnah, mawaddah, wa rohmah, cepet dapet momongan dan makin lancar rejeki, ditambah lagi wish you happily ever after dan aminnya kuat kan makin bahagia juga mantennya..hehehe. Makanya harus bener2 diperhatikan lagi desain undangannya.
Oiyaa.. udah baca postingan saya sebelumnya ttg esensi dari undangan pernikahan? kalo belom, baca dulu disini.

Duh duh duh. Rempong gini yaaa..
Akhirnya saya diskusi lagi sama Todd. Saya minta disela-sela kerjaannya, supaya doi browsing desain undangan spt apa yg doi suka. Masalah desain orangtua mah nunggu kita aja. Inshaa Allah, pilihan kami gak akan se-alay anak buahnya Elly Gigi sampai para orangtua harus kesiksa ngebacanya. Ini juga demi kebaikan bersama biar dari kami udah ada beberapa desain, tinggal orangtua yg pilih.

Step two.
Hunting tempat percetakan.
Minimal kita udah tau jenis kertasnya apa, warnanya gimana dan ukurannya.
Baru nanti bisa comparing dari satu percetakan ke percetakan yg lainnya. Intinya sih nanya harga. Ttep dong, budgeting budgeting!!! Maunya hasil exclusive kelas economy. :D

Step three.
Matengin desain, matengin harga, matengin vendor. Kalo perlu bikin perjanjian hitam putih.
Tapi isinya jgan yg sadis2 banget. Takutnya gak ada yg mau nyetakin undangannya.

Step four.
EKSEKUSI!!!!!!


CURCOL DIKIT.
Tau gak sist, puyeng juga akhirnya sama perihal undangan aja. Bukan soal nentuin design undangan ato harganya. Tapi lebih ke siapa aja yg mau diundang.
Ada temen-temen dadakan yg pas ketemu bilang "jangan lupa undangannya" padahal kita temen sekedar kenal aja. Gak temenan banget dan jarang sekali ketemu. Nanti kalo gak diundang ngiranya sombong gak nganggep temen.
Trus ada temen yg kita anggep temen "yang patut diundang" tapi nyatanya mereka malah berpikir "siapa lo ngundang2 gue"
Ada lagi yg udh dimasukin list undangan, ternyata pas doi nikah malah gak ngundang kita. Yaudah coret juga.
Kan rempong sih yaaa..
Udah bikin daftar tamu undangan sebanyak2nya, kemungkinan bakal dieliminasi lagi satu-satu menyesuaikan kadar pertemanan, kelayakan berteman dan kemungkinan menghadiri acara.
Bukan bermksud mau pilih2 temen. Kadang kita gak tau aja kalo beberapa orang mengeluh krena dapet undangan. Takutnya malah undangan dari kita ternyata bikin beban ke mereka. *mulai serius*
Sering bgt tuh yaa pas musim kawinan, dapet undangan resepsi malah banyak yg ngeluh, "kondangan lagi kondangan lagi" ato "kondangan mulu, kapan dikondangin?"

Gak ada tips khusus buat nentuin siapa yg diundang, siapa yg enggak. Tapi kmren sempet ngesave dari pinterest perihal GUEST LIST MANAGER. Check this out!



Meskipun kemungkinan kalo beracuan itu bakal dikit bgt yg diundang, tapi ini membantu juga kok.
Okee post selanjutnya saya akan share perjalanan mencari percetakan undangan di kediri. Tunggu yaaa :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mari berbicara..