April 01, 2016

WEDDING PREPARATION : Segala Ke-kain-an untuk Wedding Dress

Kok udh brani nulis judul diatas?
Kok udh nyari bahan buar baju manten?
Emang udh dpet tanggal pernikahan?
Emang udh siap jadi manten?
Hahahaha.

Sebenernya belom sih. Smuanya masih rencana. Dan blom ada acara "nyari hari" buat nikah.
Tapi udah hebring nyari bahan buat dress. Kenapa??? Soalnya saya mau bkin baju sesuai desain saya untuk hari bahagia.
Dan dari beberapa info yg udh didapet, jahit kebaya ato dress ato gown ato apalah itu namanya, adalah paling lama memakan waktu. Minimal sebulan, tanpa payet. Kalo tambah payet, apalagi full bisa sampe 3-5 bulan. Gatau ini emang mayet itu susah, ato penjahitnya males. Lama banget kan ngerjain satu dress aja. Makanyaa ini mumpung masih lama (sepertinya emang bakal lama) mau disiapin dulu mulai dari konsep pernikahan, tema, dan wardrobenya mau kyak apa. Sambil jalan, rajin stalking di instagram dan pinterest, akhirnya nemu satu desain dress yg saya pengen kenakan.
Konsep pernikahan ttep memakai adat jawa.
Tp berhubung rencana resepsinya beda hari, konsepnya jadi ke National wedding, biar beda dikit. Dan tito juga gamau rempong pas resepsi, maunya pake jas ato tuxedo. Dipaksa pake konsep jawa muslim juga gamau. Ngalah deh sama tuan CPP, anggep aja bales budi karena doi sudah mau ngalah mau pake jarik dan blangkon untuk upacara temu manten dirumah.
Kalo tito mau pake tuxedo ato jas (masih galau dan bimbang buat nentuin desainnya), saya otomatis pake dress aka gown untuk mengimbanginya. Gak oke dong kalo saya pake kebaya? Nanti dikira bukan sepasang manten kalo gak serasi. Kan syediihh..
Makanya saya ngoyo buat surfing ke berbagai media untuk menentukan desain dressnya.
Mau saya juga gak rempong, gak hebring, gak norak, gak berat, elegan dan classy.
Saya gak suka bawahan ballgown ala princess disney gt. Selain too much, kesannya kurang elegan dan yg paling penting adalah gak cocok sama bentuk badan saya yang pinggangnya gede. Bukannya malah menyamarkan, tp malah menambah volume pinggang. Gak cantik deh buat saya. Makanya saya milih bawahannya yg nglimprek dan ramping. Dengan aksen "ekor" yg nyeret-nyeret kalo dipake.
Entah lah saya suka modelnya karena yg make cantik, ato dressnya yg bagus.
Pengen bgt make begitu dengan versi muslim.
Krena gak mau pake full payet, saya terobsesi nyari kain yg motifnya timbul-timbul dan tebel gitu. Muter di kediri belom ada yg punya kain kayak gt, akhirnya saya memutuskan nyari kain tersebut di Solo. Pas tito pulang, lgsg deh rencananya direalisasikan.

Pusat kain di Solo itu di pasar BETENG. Kmren sih baca tulisan didepan gedungnya BETENG Trade Center, tapi saya masih suka nyebutnya pasar Beteng. Disana surganya kain kebaya. Dari katun, sateen, tile, brokat, tysilk dkk semuanya ada. Pas udah muter2, ternyata gak semua toko punya kain yg saya cari. Yg timbul-timbul.
Kalo brokat prancis, semi prancis, premium dan jenis lainnya ada. Beberapa penjual yg pas saya kasih liat fotonya bilang namanya brokat prada, ada yg nyebut brokat bordir tebal dan brokat 3 dimensi. Entahlah apa namanya, yg jelas gak smua penjual ada. Dan dibeberapa yg saya temuin, warna kesukaan enggak ada. Sedih banget, bingung dan galau. Mau sempet nyerah, pasrah dan ngerubah tema warnanya, tiba2 gak sengaja mata stereo liat di manekin toko sebelahnya bunda nawar. Itu yg saya cariii(!). Yeay!!!!! Akhirnya ketemu, meskipun dengan harga tawar yg muahal. 225rb permeter cyiiiiin. Mehoooong. Padahal yg saya butuhin 4meteran. Yaa masa beli kain aja smpe sejuta. Awww.
Dengan perhelatan sengit. Akhirnyaa saya dpet harga kainnya 150rb permeter. Alhamdulillaaaaaaaaahh.
Pesan saya, kalo mau dpet murah yaa nawar. Meskipun namanya Trade Center, tp tetep aja disini system pasar. Wajib nawar. Gak boleh enggak. Hehehhhe.
Udh dpet kain saya, muter lagi nyari kain seragam buat bunda, ibuk, adek saya dan adeknya tito. Pilihan jatuh pada brokat tulle senada dengan warna kain saya. Tapi emang agak tua-an dikit warnanya. Soalnya yg bakal make kan ibuk sama bunda, kalo dikasih warna kalem banget, tkut jatuhnya puyeh. Brokat tulle disini harganya 75ribu permeter. Separuh harga brokat 3 dimensi punya saya. Dan harganya jauh lebih murah dibanding di Kediri, yg harganya bisa mencapai 125 ribuan per meter dengan kain yg sama.
Yg make empat orang, jadi butuh kainnya lebih banyak. 8 meteran plus sateen untuk puring dan bawahannya. Buat adek-adek mau dibikin dress aja, biar gak tua.
Detail bahan kain kebaya saya. Bunga-bungaan itu kalo digrepe rasanya semacam bordir tempelan. Kalo benangnya dipotong, dia bisa lepas. Makanya ada yg nyebut kain kebaya 3dimensi

Sengaja pilih warna peach karena saya lagi suka sama warna kalem ini. Banyak sih yg bilang kalo buat manten apa enggak kemudaan, nanti warnanya tenggelem sama tamunya. Enggak kok inshaa Allah. Nanti kalo udh jadi gownnya pasti ada cara biar warnanya gak puyeh lagi.

 post soon yaa.. foto yang kain buat ibuk, bunda, sasa sama tisa masih kesimpen di handphone.

kain udah dapet. Design inshaa Allah udah manteb.
trus mau jahit dimana?

pilihan perjahit kebaya di kediri itu sebenernya lumayan banyak banget. dari yang kelas bridal sampe yang penjahit rumahan banyak sih.. jadi gak perlu pusiang. cuman dari deretan nominasi penjahit yang saya tahu dan saya kenal, selalu ada plus minusnya. disini, karena ini baju mantenan, saya maunya yang perfect lah. yang banyak plusnya, dan tanpa minusnya.

Oke, mari kita oprek satu-persatu penjahit yang masuk nominasi.
1. Bu Nina - Gang Depan SMP 3 Kediri.
Bu Nina punya semacam workshop gitu. koleksi kebaya-nya udah buanyak bangett. emang spesialis penjahit kebaya sih kayaknya. hasilnya gak usah diraguin, Vera Kebaya versi Kediri. semua desain yang kita pengenin pasti dilahap sama bu Nina, selain orangnya emang pinter, jahitannya juga oke banget. gak bakal nyesel jahit kebaya di Bu Nina ini. cuman sayang, berdasar pengalaman jahit kebaya disitu beberapa waktu lalu, pengerjaannya lumayan lamaaaa. trus sempet ditunda beberapa kali dari hari pengambilan. perjanjiannya sebulan kelar, tapi orangnya nambah minggu depan-minggu depan gitu sampai totalnya sampe dua bulan. Enaknya lagi sih Bu Nina ini nyediain kain dan accessories lainnya kalo kita gak punya bahannya. jadi bisa dikonsultasikan kebaya seperti apa yang kita mau, dan bagaimana bagusnya. Orangnya juga ramah, helpfull dan pegawainya lumayan banyak. Jadi pasti diladenin sekalipun Bu Nina lagi sibuk.
"soal budget gimana??" untuk yang gak punya kain alias semua bahannya dari Bu Nina, beliau nyesuain budget kita. kalo untuk kebaya pengantin sih yang pasti 3jutaan gitu per kebaya. kalo minta dibawahnya juga bisa. cuman gak tau deh hasilnya kyak apa. :p "kalo bahannya bawa sendiri?" ongkos jahit disesuaikan dengan kerumitan desain yang kita minta. untuk satu kebaya -atasan doang- itu mulai dari 250rb - jutaan. kemarin sempet jahitin kebaya kutu baru buat acara wisuda, padahal bahan bawa sendiri, tanpa payet dan cuman nambah kain untuk pitanya. Kena ongkos 650ribu. Lebih dari ekspektasi anggaran dana, tapi ngeliat hasilnya, tentu saja worth it laaah... 

2. Bu Yuli - Salon Yuli, Pare
Tante Yuli sih manggilnya, kebetulan temennya Bunda. Kebanyakan salon-salon dan perias manten ambil kebaya pengantin dari Bu Yuli. Namanya emang salon, tapi salon kebaya. khusus untuk baju-baju manten gitu sih.. semacam bridal gitu. Tante Yuli ini garapannya juga kece badai. Payetan jepangnya rapi banget tiada tandingan. pernah beberapa kali ngerjain wardrobe buat artis-artis manggung. trus untuk urusan memadukan warna, tante yuli ini ahli banget lho...
saya belom pernah tau ada orang jahitin kesitu bawa bahan. Jadi kita kesana semacam dibikinin baju aja, diukur, minta warna dengan nuansa apa dan desain yang seperti apa. nanti dibikinin deh sama orangnya. satu stel baju kebaya untuk sepasang pengantin harganya sekitar 2,5juta. sepasang ya.. jadi ceweknya kebaya, cowoknya beskap ato jas muslim. kalo untuk kebaya cewek aja mungkin sekitar 1,5-2 juta.
Ada kurangnya nggak?? iya ada. semacam agak kecewa karena baju yang bunda pesan beberapa bulan yang lalu itu ada yang cacat dibagian lengannya. Dan lagi karena kita cuman nyebutin nuansa apa untuk warna bajunya, ternyata hasilnya kurang sesuai dengan warna yang diharapkan. jadi lain kali kalo mau pesan, seenggaknya harus bener-bener yakin dan mastiin warna baju yang dimau. kalo perlu bawa sample kainnya. Kemaren pesen merah, yang didapet malah cenderung ke maroon. Tapi its okay.. soal-nya tetep cantiik. Satu lagi, untuk ukurannya.. kalo badan kita masih standart ukuran orang indonesia, biasanya tante Yuli langsung masukin ukuran kita di size general S,M,L, XL, LLL dst. kecuali emang postur kita gak banget, baru dibikinin sendiri sama tante yuli.

3. Levis - Balowerti, Kediri
Bukan spesialis kebaya sih.. tapi saya suka banget sama hasil jahitan disini. pas banget sama badan, jahitannya rapi mendekati sempurna dan enak banget dipakainya. Pernah nanya-nanya bisa jahitin kain broklat nggak, tenyata bisa. tapi yaa ituu.. karena bukan spesialisasi kebaya, jadi kain broklatnya cuma dijahitin aja, gak pake payet-payet gitu. kudu ekstra sabar juga jahitin baju disini, satu baju eksekusinya bisa sampai 2-3 bulan tergantung antrian. rame banget boookk...

4. Bu Apung - Tetangganya Bu Nina
Saya tau Bu Apung ini dari tante Lely - temennya Bunda yang udah jadi langganan setianya. Bu apung ini penjahit rumahan, jadi gak ada workshopnya. Baju untuk lamaran saya kemaren jahitnya disini. dress kombinasi kebaya sih. Gak mengecewakan kok hasilnya. okelah.... cocok nih jahit disini. ongkos jahitnya juga lumayan murah. untuk satu dress kemarin ongkosnya 200ribuan. tapi lagi-lagi tanpa payet. jadi kemarin setelah jadi, saya payetin sendiri baju saya. hwehehe..

5. Mas Aan - Salon Makarizo, Jalan Pattimura
Saya Baru kenal. pas nyamperin ke workshopnya yang sekaligus salonnya ini, saya langsung jatuh hati. sekelas Bridal. Kebaya yang didisplay - baik yang lagi tahap processing atopun udah jadi semuanya keren. dan lagi mas Aan ini masih muda orangnya, seleranya nggak ketuaan. pengaplikasian details kebayanya juga oke banget. Mungkin karena masih beberapa tahun menggeluti usaha ini, mas Aan belom seberapa dikenal kayak Bu Yuli gitu. Untuk harga satu stel kebaya sekitar 1 - 1,5 juta. itupun tergantung desain dan aplikasinya. nanti untuk harganya saya infoin lagi yaaa.. soalnya masih mau nanya-nanya lebih lanjut.

6. Top One - Sebelah Berontoseno Kediri
salon rias pengantin + butik + penjahit kebaya. salonnya ada dideretan cartoon cafe setelah perempatan toga mas Kediri. Saya pernah nyewa baju disana. sekali sewa 500ribu untuk satu stel baju pengantin. hasil jahitan kebayanya sih oke. cuman saya belom tau banyak soal harga kebaya jadi atopun ongkos jahitnya. belum sempet survey. next aja diinfoin yaaaa... 

7. Omaku Taylor - Bandar Kediri
lagi-lagi bukan penjahit kebaya. mengerjakan jahitan pria dan wanita. pas kesana saya liat sih yang dikerjain semacam baju-baju dinas gitu. Ada jas, blouse dan ada songket modifikasi yang lagi processing. Orangnya nerima jahitan kebaya juga, meskipun pas kesana gak liat sama skali ada kain broklat. untuk harganya murah banget. satu stel baju cuman 100-200ribu. pemiliknya bernama pak Adi, ngerjain jahitan ini sama istrinya. hasil jahitannya bagus dan rapi. harapannya sih nanti kahit kebaya hasilnya juga akan bagus dan serapi baju sebelumnya.

Sebenernya masih banyak banget penjahit-penjahit yang mau dimasukin nominasi. tapi setelah dipikir-pikir mending masukin nominasi yang bener-bener udah yakin aja.

Jadi mau jahit kebaya dimana??

jawabannya adalah NYEBAR
Iya, akhirnya saya memilih menjahitkan baju akad saya di Bu apung. Karena kainnya udah dibeliin ibuknya Tito untuk seserahan pas lamaran kemaren, jadi gak perlu pusing lagi. Saya gak mau yg ribet sih sebenernya, makanya pilih Bu Apung. Pas perjalanan kesana nemu desain baju akad yang saya mau, pas nanya ternyata orangnya nyanggupin. jadi saya print deh desain kebayanya yang saya contoh dari vera kebaya. hehehe. maaf mbak vera, agak plagiat dikit, soalnya desainnya cantik banget. Untuk hasil baju akad saya, tunggu postingan selanjutnyaa yaa... 
oiya, ongkos jahit baju akad ini adalah 200ribu + tambahan bahan pita, kain tile, kain kaca dan ongkos bordir seharga 160 ribu. jadi Total 360ribu. 

Trus wedding dressnya kemana??
Di Mas Aan, Salon Makarizo. disini juga tito nanti dibikinin tuxedo yang senada dengan warna baju saya. belom meet up lagi sih sama mas Aan, soalnya lagi liburan natal dan tahun baru.
untuk budgetingnya saya belom nanya terlalu jauh. nanti aja kalo saya udah ketemu mas Aan lagi dipastikan berapa total keseluruhan. Saya udah jatuh cinta sama hasil kebaya-nya mas Aan yang didisplay sih, jadi mudahan nanti kebayanya juga bakal bagus buat saya

untuk bunda, ibuk dan adek-adek gimana?
ternyata ibuk mau jahitin kebayanya sendiri ke penjahit langganannya. Jadi belom bisa nge-info-in lagi. besok aja pas saya maen ke rumah Tito, saya kepoin ibuk. hehe
untuk bunda dan dek sasa, milih ke Pak Adi, di Bandar. Mudahan hasilnya juga bagus. kemaren cuman modal bluetooth dan sampailah ketangan Pak Adi desain baju buat bunda dan dek sasa.
Berdasar hasil perjanjian kemaren, dua baju ini bisa diambil pertengahan bulan depan. jadi butuh sekitar satu setengah bulan buat nyelesaiin dua baju.

Oke deh.. sekian dulu yaa ceritanya. mayan niihh udah gerah banget penn mandi.
sampai jumpa di postingan selanjutnyaaa.... :*

2 komentar:

mari berbicara..