Oktober 23, 2013

Hadiah untuk Pernikahan Sahabat

"Duh, undangan pernikahan lagi banyaaaaaaaaaaaak banget."


Harusnya sih senang. Tapi karena datangnya undangan keroyokan, jadilah bikin bingung yang diundang. Pada postingan sebelumnya, pernah dibahas masalah umur yang sensitif banget dan rawan undangan pernikahan. Di satu sisi ada yang menunda pernikahan, di sisi lain lagi musim nikah muda.

Harusnya pernikahan itu pengantin dan keluarganya aja yang ribet. Tapi ini juga bikin ribet yang diundang. Kenapa pernikahan butuh mengundang tamu?
Alasan klasiknya membagi kebahagiaan. Keluarga pengantin sedang berbahagia menyambut keluarga baru dari pernikahan sang putra/putri, maka diundanglah kerabat dekat, tetangga, teman dan sanak saudara untuk memperkenalkan bagian dari keluarga baru tersebut, dan keluarga baru yang akan hadir dari hasil perkawinan. Harusya sebagai tamu undangan, wajibnya adalah memberi restu kepada keluarga dan pasangan pengantin yang membentuk keluarga baru, mendoakan mereka menjadi keluarga yang bahagia dan menjadi saksi bahwa mereka sudah resmi menikah secara hukum dan agama. Maka pada setiap undangan selalu ada kalimat "mohon doa restu" atau sejenisnya. Udah, seharusnya seperti itu inti dan maksud dari undangan pernikahan.
Tapi entah dari mana budaya yang datang, tiba-tiba setiap undangan pernikahan menjadi sebuah acara yang lazimnya datang memberi sekedar sumbangan. alihnya sih buat meringankan beban yang punya rumah. Tapi..... yang ada jadi ngaruh sama kehadiran undangan. Misalnya, undangan di akhir bulan, membuat pengeluaran sang undangan bertambah. Belum lagi kalo melihat segi kepantasan. kalo udah kerabat deket banget, trus nyumbang cuma duapuluh ribu perak misalnya, ya ga etis banget kan?
Perasaan malu dateng cuma bawa dikit ato ga bawa apa-apa. Jadi mending ga dateng. Nah lho kalo udah gitu, rugi juga kan tuan rumahnya?

Sebenernya saya yakin, bukan alasan utama sang pengantin dan keluarga mengundang kerabat dan teman-teman dekat hanya untuk mencari keuntungan semata. Toh setiap di undangan yang dikirim gada tuh paksaan untuk "mohon membawa sumbangan seikhlasnya" (Ya kelleesss.. emang acara amal??!) Yang ada tulisan -tapi amat sangat jarang ditemui- "dengan tidak mengurangi rasa hormat, mohon tidak membawa sumbangan berupa apapun".

Tapi saya juga ga memungkiri sih, kalo beberapa orang memang membutuhkan sumbangan sekedar untuk modal membentuk keluarga baru. Tapi seharusnya ga boleh ngarep setiap tamu undangan dateng bawa sumbangan dan jangan juga kecewa dengan nominalnya. Yaa.. tetep aja sih kembali ke pribadi masing-masing.

Nah, bagaimana dengan kita-kita yang belum kerja tapi temen udah pada nyebar undangan. Secara pribadi saya emang ga mau nyumbang berupa uang. Alasannya bagai menabur garam diatas lautan. Pengantin udah memutuskan menikah, jadi secara logika keputusan menikah itu pasti udah memikirkan secara finansial juga bagaimana mereka akan berumah tangga kedepannya. Uang yang kita minta dari orang tua, mau dikasih ke orang yang bisa cari duit sendiri? buat apa?
Jadi saya mending ngasih sesuatu berupa barang yang sudah pasti dipakai oleh pengantin untuk rumah tangga barunya. Barang itu kan lebih awet, jadi setidaknya apa yang saya kasih ke mereka bisa menjadi saksi kebahagiaan mereka, bukan hanya pada saat pesta resepsi aja, tapi juga waktu menjalani rumah tangga.

Nah, barang apa aja yang bisa dikasih ke sahabat yang menikah duluan?

Beberapa kali ke tempat undangan temen, ada beberapa barang yang saya pilih buat mereka. Ini dia:
  1. Sepasang Mug Pengantin. Ini saya desain sendiri. Yang jelas saya cantumin sepenggal puisi dan doa buat pengantin gitu. dan ga lupa saya kasih nama mereka di masing-masing mug, dan inisial nama doang sih buat ngingetin itu dari siapa. Hehehehe... Oiya, itu saya bikin cuma dalam 4 hari. Sehari buat ngedesain, trus saya kasih ke toko penyedia jasa sablon mug, dan tiga hari kemudian mug bisa diambil. Pilihan bentuk mugnya juga beragam kok. Pilih yang lucu yaaa...
  2. Bedset (Bedcover + Sprei). Ini buat sepupu saya sih dulu, nyiapin budgetnya emang rada gede. Banyak banget pilihan motif, merek dan ukurannya. Namanya cewek ya kaaaan.. kalo berhadapan dengan barang-barang yang membutuhkan kemampuan untuk menentukan pilihan itu pasti bingung dan heboh sendiri. Hehehe. Yang perlu diinget, itu kita beli buat hadiah pengantin, jadi sesuaikan dengan selera dan warna kesukaan pengantin, jangan selera pribadi ya..
  3. Sepasang Handuk. Pilih handuk yang kainnya bagus dan desainnya elegan. banyak kok handuk yang terjangkau, tergantung ukuran sih. tapi buat rumah tangga jangan kecil-kecil banget kayak handuk sport dong.. Kemaren itu saya bikin sengaja milih handuk yang lebar dan gede. Lumayan lah bisa buat bebetan. Saya pilih 2 warna buat yang perempuan dan yang laki. Oiya, ga lupa saya kasih bordiran nama mereka, tanggal bahagia mereka, dan inisial nama saya sendiri.
  4. Voucher Dinner. sehari sebelum pernikahan mereka, saya nge-booking satu meja dinner buat berdua di restoran gitu udah sepaket sama pilihan makannya. nah pas hari pernikahan saya ganti kasih mereka undangan. Hal-hal yang perlu diperhatiin adalah tanyain dulu jadwal setelah pernikahan yang mereka sekiranya kosong, jangan nentuin sendiri hari dan jamnya. kalo pengantin ga bisa ngehadiri undangan kan sayang... Yang kedua, koordinasi trus sama pihak restoran atau rumah makan.
  5. Foto dan Bingkai. Pasangan pengantin ga nyadarin kalo saya udah kumpulin foto-foto alay mereka dari jaman pacaran. dengan sedikit bantuan keluarga mempelai, saya akhirnya dapet banyak foto. dan ga lupa foto-foto candid yang saya ambil sendiri tanpa sepengetahuan mereka. Udah deh, tinggal nyetak foto dan susun di pigura dengan bingkai yang lucu. Pas itu saya bikin ukuran bingkai 180x100. dengan jumlah foto sekitar 40an.
  6. Album Photo. Ini gara-gara kepepet dan ga punya ide lain. langsung deh saya lari ke studio photo gitu. awalnya mau nyari bingkai dan nyetak foto, tapi kan ga sempet ngedit-ngedit fotonya dan mungkin bakal mepet banget sama acaranya. ga kehabisan ide dan kebetulan memang di studio itu banyak pilihan album photo, saya comot aja satu, dan bikin kartu ucapan yang saya buat sendiri dari guntingan kertas, trus saya tempel di halaman pertama. mirip lah kayak scrapbook gitu.
  7. Karikatur dan ucapan. Sudah banyak banget penyedia jasa pembuat karikatur. jadi kita tinggal dateng, ngasih foto, nentuin ukuran, nentuin tema, dan tanya harga. dua-tiga hari, karikatur siap diambil atau dikirim. Oiya, sekarang bisa juga lho bikin karikatur online. tapi tetep ya.. be a smart buyer.
  8. Boneka Pengantin. Ide paling ga banget sebenernya. mengingat umur mereka udah mateng buat nikah, ngapain saya beliin boneka? ga mungkin buat mainan juga kan? Ini ide karena saya lagi gelap mata. pas jalan-jalan ke mall saya lihat ada boneka lucu, sepasang beruang yang pake baju pengantin. yaudah, saya beli. jadi sebenernya ini saya yang pengen punya. hahaha.
  9. Jam Dinding. Ada jam dinding yang bikin sendiri, ada yang desainnya udah cantik. saya sempet beliin tante saya yang nikah-waktu itu-, jam dinding dari besi ato apa gitu yah, pokoknya semacam logam yang desainnya emang cantik banget. trus bagian belakang saya kasih ukiran nama saya dan sepenggal doa buat mereka di tempat tukang ukir cincin. hehehe.
  10. Jam tangan couple. Ini kesalahan budget banget. hiks... hampir sejeti kalo ga salah. gapapa sih kalo emang pengantin adalah sahabat terbaik atau mungkin keluarga terdekat. jam tangan pasti di pake kan? Oiya, sekarang ini sudah banyak dijual jam tangan couple yang dijual dengan harga yang ringan. pinter milihnya ya.. jangan kasih yang gampang rusak atau yang terkesan murahan.
  11.  Babydoll alias baju tidur. Kalo mau kasih yang lebih unik lagi, ya pastinya lingerie. Pengantin baru nih pasti masih kagok banget deh buat tidur berdua. Dan dari banyak cerita pengantin perempuan yang baru saja nikah, mereka pasti bingung kalo udah memasuki malam pertama bobo sama suami. Biasanya kalo masih single bisa pake baju apa aja, masa pas udah punya suami masih juga sembarangan? jadi pasti mereka bingung dluan deh mau pake baju apa. Hahahahahah.
  12. Banyak banget yang bisa kita kasih ke calon pengantin. Kalo masih bingung juga, coba deh dateng ke ACE HARDWARE. Disana banyak banget pilihan barang yang insyaAllah berguna buat pengantin. tetep inget tujuan ya.. beliin buat hadiah, bukan buat diri sendiri *pengalaman karena sering gelap mata dan lupa tujuan*

1 komentar:

mari berbicara..