Oktober 17, 2013

Jodoh itu... DEKAT

anak perempuan, dengan umur 22 tahun adalah usia paling sensitif dengan hal-hal yang berbau pernikahan. obrolan dan perlakuan absurd makin banyak ditemuin di usia kayak gini.


minggu, 13 Oktober 2013

jadi, bunda ngajakin jalan-jalan ke mall, berdua doang.
udah oke banget ya.. emak anak kompakan hobi blanja, nenteng-nenteng kantong belanjaan, dan keliatan kalo saya sebagai anak mama, k e l i a t a n n y a ..... dept.store yang begitu luas dan variatif, counter pertama yang bakal di kunjungi bunda sudah pasti counter KICKER shoes. pas kami lagi asik milih-milih, ada sosok ibu-ibu sebaya bunda liatin kami dari atas-bawah depan-belakang. saya pikir ada yang salah sama saya maupun bunda. entah penampilan, atau apa yang kami bawa. sebagai manusia yang terlahir cuek, pandangan ibu itu bukan masalah. dan kami tetap asik sibuk melihat price tag yang ada di sepatu-sepatu itu.

entah berapa lama ibu itu berdiri di tempatnya. tiba-tiba ada keberanian beliau, nyamperin dan ngajak ngbrol.

"itu bagus mbak..."
"ya tante.. tapi saya udah ada, nanti malah ga bisa buat kuliah."
"oh.. kuliah. dimana mbak?
"malang tante, semester akhir."
"ambil jurusan apa?
"psokologi tante"
"wah, calon psikolog, kelahiran tahun berapa?
"saya tahun 91.
"ohh.. anak saya kelahiran 88, sekarang kerja di makasar.
(
belum ngerti obrolan ini mau kemana dan apa maksud ibu itu)
"brawijaya juga tante?"
"bukan. dulu dari unair"
(
lha trus?)
"ohh..."
(
harapan saya, obrolan selesei aja sampe situ)
"itu mamanya?"
"oh.. iya tante..."


kemudian, ibu-ibu itu nyamperin bunda...
dan disinilah obrolan absurd dimulai. entah apa yang diobrolin, tapi sepenangkapan saya, ibu itu lagi nyari calon buat anaknya. dan anaknya beliau laki umur 25 tahun, skrg jadi perwira polisi di makasar dan belum punya pacar. saya juga ga pernah ngerti, gimana pemikiran bunda yang tiba-tiba tukeran nomor hape dan saling nyuruh maen kerumah.

ini apa cobaaaaa???
-______________________________-"

merasa dicomblangin, saya protes sama bunda.
secara bunda tau, saya sudah punya pacar, dan bukan cewek yang oke sama faham nikah muda. dengan kalem bunda jawab "jodoh itu Allah yang nentuin. jalannya banyak. sapa tau ini salah satunya. emang disetting kayak gini. siapa yang ngira tadi bakalan ketemu sama ibu-ibu itu to mbak" 
deg!
jawaban bunda bener juga.
Allahhualam..

jodoh itu sudah ada yang nentuin. ada yang pacaran lama tapi ga jadi nikah. yang beruntung pacaran lama dan berhasil nikah. ada yang baru ketemu langsung nikah. semua Allah yang nyetting. manusia cuma bisa berencana dan berharap. termasuk saya. menurut saya perempuan tepat menikah diumur 25 tahun, bukan dibawahnya. meskipun pendapat ini bersebrangan dengan pemahaman masyarakat jawa, tapi usia ini setidaknya semua sudah serba matang secara fisik maupun mental.

apapun alasannya, semua kembali ke pribadi masing-masing. kesiapan dan kedewasaan tiap orang juga ga sama. toh saat ini, saya juga menemui banyak temen yang udah menikah atau bakal menikah dalam waktu dekat. pengeeeeeen sih, tapi keadaannya belum mendukung saya untuk saat ini.

Jodoh itu dekat kok...
apapun yang kita usahakan, semua Allah yang menentukan. jadi ga perlu takut kehabisan jodoh atau ga kebagian jatah jodoh. ga nikah sekarang, ya nikahnya nanti.
tugasnya sekarang adalah tetep menjaga diri, memperbaiki dan menyiapkan diri untuk bertemu dengan jodoh kita. "orang baik, dapet orang baik", Insya Allah... :)