Oktober 04, 2013

ME vs SOCMED

Dini ada twitter? Ada facebook? Instagram? Path punya dong? Bagi Line, Whatsapp, Kakao, sama Wechat yah? Hmmm.. YM atau Gtalk boleh juga kok?

Well.. Saya punya kok. Bahkan biar saya cuma pake hape butut, tapi kalo mau ngesearch id saya, ada kok. Emang sih saya gak gila socmed kayak yang lainnya. Soalnya bagi saya (yang selalu mikir dampak panjangnya) socmed itu ngeri. Kayak abg labil nyayat pisau ke pergelangan habis diputusin pacar.
:D

Ngerinya dimana?
 Bagi saya yang sebenarnya ga bisa blak-blakan soal diri saya sendiri, dan terlalu menjunjung tinggi privasi, ga semua hal dalam hidup kita dan termasuk semua kegiatan kita penting buat orang lain? Mau tau siapa aja yang beneran peduli sama kegiatan-kegiatan kita? Nih ya saya sebutin.

Pertama, pasti orang terdekat dengan kita. Sebut saja emak bunga dan bapak kumbang. Kemudian cingciriwing brother dan nyingnying sister yang mungkin masih ada lah kepedulian buat saudaranya meskipun saya yakin ga lebih dari 10% tingkat keponya ke kita.

Kedua, ya pasti pacar lah... Bahkan nih ya, bagi sebagian pacar yang memiliki jiwa posesif, semua socmed kita harus dipegang paswordnya. Atau parahnya nih, dia juga bakal jadi redaktur account kita manakala kita mau update. Mana yang boleh diposting, mana yang dilarang keras. Parah ya? IYA!!!!
Bagi yang jomblo gaul nih, pasti ada lah yang peduli. Misal nih, gebetan, calon pacar yang udah nembak tapi belum diiyain, korban HTS dan harkos serta mantan yang belum move on. Bagi mereka, postingan kita pasti berarti banget. Saat itu pastilah mereka menjadi makhluk Tuhan paling sensitif dan indra perasaannya meningkat tajam 90%. Apapun yang kita update nih ya, apalagi yang berbau galauan, feel dan cecintaan, huuuuaaaahhh.. Yakin deh bakal nyamber banget sama mereka. Langsung deh ada yang ngebet banget pengen nyamber postingan kita. Se-enggaknya sih komen atau maen sindir-menyindir. Kalo yang ngerasa tapi masih ragu-ragu marmut atau malu-malu kucing, pasti sok-sok nanya "itu kamu update status buat siapa, saya ya? Kenapa postingannya kayak gitu? Galauin siapa?" via sms atau telepon. Yang paling pasif pasti cuma nyengir, habis itu mikir. Yaelah broooo..

Ketiga, enemies! Ya sebut saja haters. Sebaik-baiknya kita yah sist.. Ga semua orang bisa suka. Dan itu emang hukum alam. Jadi gausah maksain diri kita, atau maksain orang lain buat suka sama kita lewat pencitraan. Palsu! Apapun yang kita lakukan di dunia ini, satu dua orang pasti ada yang beda pandangan dan pemikiran sama kita. Nah diluar sana, apalagi ketika kita lagi ada masalah, pasti deh mata haters ini ga pernah absen buat mantengin timeline kita. Ini nih, pemicunya. Timeline bisa rentan banget sama masalah, apalagi yang punya kedewasaan kurang matang, alhasil olok-olokkan di socmed, bisa juga tuh tweetwar atau semacamnya. Tau gak apa yang orang lain pikirin kalo liat kayak gitu di socmed? Kekanak-kanakan, norak dan gada kerjaan. Mending kalo sama-sama gentle, ketemuan aja. Berantem dah disitu, masalah beres dan ga malu-maluin.
Ya kaaaaaan?

Keempat????? Ga ada orang yang bener-bener peduli sama kita kok.. Sahabat? Ya mereka sih pasti taulah curhatan kita biarpun ga lewat socmed. Temen? Pengen tau aja kok. Dan ga bakal sekepo itu sama kita. Followers? Palingan cuma mau ngretweet quote atau postingan unik yang dirasa SAMA kayak yang mereka alami. Yang lain? Kepoin kita? Apa untungnya broooh?

Jadi percayalah guys.. Sebenernya gada yang bener-bener peduli sama orang lain. Cuma beberapa orang yang kebetulan baik dan numpang lewat yang mau peduli sama postingan socmed kita. Ga semua hal harus kita share ke semua orang dan semua orang ga penting buat tau setiap inci hidup kita. Kalo kalian merasa pernah terganggu sama postingan temen yang ga penting, cobalah berada di posisi sang pemosting yang ga penting. 

Simpati dan Empati.

---

Maka, buat saya pribadi.. saya ga harus punya media sosial yang berjibun dan chatting sana-sini. Posting hal-hal ga penting apalagi kalo postingan atau komentar saya bisa memicu masalah kesalah-pahaman sama orang lain. Jadilah pengguna yang cerdas ya... :)