Oktober 16, 2014

Alpukat Kepagian, out of expectation

Suka alpukat gak?

Saya???
SUKAAAAAKK!

Beberapa hari ini saya sedang mencoba untuk mencoba alternatif diet baru yang menyenangkan (soalnya nggak membatasi porsi makan. Hhahaha). Yap, diet kali ini disponsori dengan memakan segala jenis buah-buahan dan sayuran tanpa proses memasak. Tapi karena saya gak suka makan sayur mentah, makanya saya hanya memakan buah-buahan saja. Sekali lagi, tanpa proses memasak.
Jadi saya ngemilin apel, jeruk, pisang buat sarapan, melon, pepaya, semangka dan temen-temennya.
oh iya, boleh juga dibikin juice. Soalnya juice kan cuma diolah, bukan dimasak. Untuk gulanya, kesadaran aja sih, saya tetep liat jenis buah yang mau dijadiin juice. kalo sekiranya butuh gula, ya dikasih dikiiiiiiit aja. seujung sendok. Tapi bukan sendok nasi. :D


Orang jawa ato yang cenderung kejawen bilang jenis diet yang saya lakukan adalah semacam POSO BRUWAH (red: puasa Bruwah). Menurut yang saya denger dari mbah-mbah dulu sih, katanya (beneran cuma katanya), Poso Bruwah itu tidak diperbolehkan makan selain buah-buahan. Biasanya juga dilakukan oleh perawan-perawan yang memasuki usia menikah, biar bruwah.
Saya juga gak paham makna arti kata bruwah. Mungkin kayaknya biar seger gitu kayak buah-buahan. Kan emang buah banyak vitaminnya, jadi bikin kulit bagus, seger, cantik, sekalian mengontrol kalori, dan demi pencernaan lancar.
Makanya yang ngelakuin puasa ini banyakan ciwi-ciwi yang mau nikah biar cantik, biar cepet ada yang ngelamar. Ya berarti gak salah kalo saya ngelakuin metode diet ini, soalnya saya kan juga -ngarep- mau nikah. *eh

Ke-sosoan saya hari ini dimulai dari salah beli buah kemaren harinya. Pas saya ke pasar Dinoyo Baru buat nyari apel manalagi ternyata harga apel lagi mahal banget. Yang murah cuma apel malang yang rasanya asem-asem gak enak gitu lah. Bukan karena saya pelit, mengingat saya sedang menjalani status sebagai mahasiswa, maka segala pengeluaran disesuaikan dengan prinsip perekonomian mahasiswa. Kalo penawaran tidak sesuai dengan permintaan dan daya beli kan mending bye-bye ini aja.
Saya sempet berfikir untuk membeli buah melon ato semangka, cuman dua buah itu saat ini sedang menjadi musuh tekanan darah saya. Bisa keliyengan, jalan khayang, pingsan, dan bobo gak bangun-bangun kalo saya tetep nekat makan buah itu. Akhirnya saya nyari buah lain. Nah ketemulah sama si alpukat ini. Yang harga lumayan lah.. masih sangat terjangkau oleh kantong. Satu kilogramnya dikasih 18ribu sama ibu-ibu penjualnya. Dapet lima biji doang sih, tapi ukurannya lumayan gede, dan alpukatnya bagus. jenis mentega tentunya.

Eh yuk balik lagi ke-sosoan saya pagi ini.
Alpukat yang nangkring cantik di atas piring buah, senderan deket pangkalan pisang, sengaja belum saya masukan ke kulkas. Soalnya ada beberapa alpukat yang belum bener-bener masak. jadi harus ditaruh di suhu ruangan ato malah disimpen diantara koran bekas gitu biar cepet masak *kata ibu penjualnya*.
Saya gemes liatnya, yang paling atas, yang lumayan udah embus-embus kalo dipencet kulitnya, membuat saya memutuskan untuk menjadikannya sebagai sarapan saya pagi ini. Gak sabar pengen ngebelah, trus saya kerokin dagingnya.

Biasanya saya doyan kok makan alpukat, langsung dimakan gitu aja. Ato cuma dikasih gula, garam, ato susu kental manis. Tapi herannya saya malah gak suka kalo alpukat dijadikan juice. tekstur dagingnya jadi terlalu lembek dan rasanya langu. 

Setelah turun ke dapur dan menemukan bilah pisau yang saya butuhkan untuk melihat isi perut sang alpukat, saya dikejutkan oleh lapisan isi dari alpukat yang nempel ke dagingnya. jadi kayak item-item gitu. Bukan.. bukan.. itu bukan karena busuk, tapi ya entahlah, kenapa penampakannya jadi mengerikan. Saya mulai menelan ludah, merasakan penolakan yang kuat dari dalam mulut, dan terpatung bingung mau dimakan dengan gaya apa.
Aslinya saya gak ada ide selain memisahkan bagian yang kena item-item sambil berdoa semoga Tuhan tidak meletakkan seonggok hewan kecil, putih dan klenduk-klenduk di sela-sela daging si alpukat. Saya kerok daging yang masih bisa diselamatkan dan menaruhnya di dalam gelas.



Antara tega dan gak tega, antara mau dan gak mau. saya cicipin sedikit rasa bubur alpukat di dalam gelas. Uhmm.... masih enak. Tapi saya gak tega makan kalo liat penampakannya.
Tiba-tiba saya inget makan es mocca di Dempo. Alpukatnya dijadikan bubur dan persis seperti yang sekarang ditangan saya. Tapi karena moccanya emang udah warna coklat, kecampur sama alpukat pun saya doyan.
Makanya saya punya ide yang sama.
Tapi mocca dari mana?
Namanya udah terlanjur dan mendadak gini, mau cari mocca dimana? masa mau beli?
Dan taraaaaaaaaa!!! Saya menggantinya dengan bubuk kopi. Saya gunakan seujung sendok teh, dengan bantuan sesendok gula, rasanya???? Hmmmm, yummy! Bersahabat sekali dengan lidah saya. Aroma kopinya ngilangin langu-nya alpukat tapi gak menghilangkan rasa asli alpukat.



Oiya, tekstur bubur alpukat yang saya bikin enggak halus. sengaja agak kasar. Bukan karena males ngelumatnya, tapi kalo terlalu halus juga aneh kan?
Tapi malah jadinya bubur ini padet. Bahkan gelasnya dimiringin, di guling-gulingin, alpukatnya gak bergerak sama sekali. Ngaduk kopi sama gulanya jadi agak susyah. berat... *aelah apaan, padahal cuma satu gelas, hihihih*
Akhirnya saya kasih sedikit air putih biar encer. Dan alamaaaaaaak...!! Endes bett lah pkoknya. Hahahahaha. Saya akhirnya bisa sarapan enak lah, meskipun diluar perkiraan.


Saya gak ngerti juga nih, bisa banget alpukat satu gelas aja, mau dimakan masih sempet difotoin.
-_____________________________-"


Eh, tapi lain kali kalo punya kesempatan makan alpukat, selain dimakan dalam bentuk es mocca "Dempo", atau Es oyen dan campuran es buah, sebagai penyuka alpukat harus pernah nyoba dimakan dengan gaya ini yaaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mari berbicara..