November 22, 2014

Temenan Yukk!!

Inget kan pelajaran PPKN jaman masih SD? Mata pelajaran yang paling banyak mengundang nilai 100 karena pelajarannya melulu tentang budi pekerti, kehidupan kewarganegaraan dan nilai Pancasila. Jadi setiap ada ulangan harian, pokoknya pilih jawaban yang baik-baik lah
Saya masih dengan segar mengingat guru SD saya yang sering sekali menerangkan kebaikan tentang "tidak pilih-pilih dalam berteman". Saya saat itu dengan naif mengindahkan kalimat tersebut dan sejak saat itu menjadikannya sebagai prinsip dasar kehidupan berteman dan berkawan.
 Lambat laun, semakin banyak usia, semakin tinggi level kegaulan, semakin ramai orang yang lalu lalang dalam kehidupan saya, saya semakin disadarkan ternyata guru SD saya lupa mengingatkan bahwa selain MEMILIH, kita juga menghadapi satu kenyataan lainnya yaitu DIPILIH. Jadi jangan kecewa seandainya kita punya teman, tetapi teman tersebut tidak mau berteman dengan kita karena dia tidak memilih kita sebagai temannya.

Lhoh.. tadi kan bilangnya dalam berteman tidak boleh pilih-pilih?
Itu kan guru SD saya yang bilang, beliau juga tidak bisa bilang kesemua orang. Seandainya ada guru SD lain yang bilang, maka jika ada orang yang masih pilih-pilih dalam berteman, berarti nilai PPKN-nya jelek. Pasti.
Terlepas dari semua itu (maaf, ini mulai serius), memang tidak dapat dipungkiri bahwa kalimat "tidak pilih-pilih dalam berteman" sangat sulit untuk dipraktekkan. Semua orang dewasa mulai memiliki kesadaran mereka untuk hal mencari teman yang sesuai dengan diri mereka. Hal tersebut bukan hanya berupa penilaian pada karakter orang lain, tetapi lebih kompleks, misalnya dalam hal materi, fisik, hobi, gaya hidup, dan lain sebagainya.
Bagi saya sendiri, pertemanan didasarkan pada nyambung-enggak nya orang diajakin ngobrol, bagaimana ia bisa menempatkan diri dan yang paling penting adalah bagaimana seorang teman membawa saya pada kebaikan. Bukan berarti saya hanya berteman dengan orang yang ngajakin ngaji teruuuuss, minimal siapapun nggak ngajak saya bikin dosa, misalnya ngajak ngebunuh anak kucing, pasti saya nggak mau, soalnya dosa saya udah banyak. :D

Pertemanan memang tidak membutuhkan syarat, menjadikan semua orang sebagai teman itu gampang, tetapi menjadi teman bagi orang lain itu tidak mudah. Lalu bagaimana cara menjadi seorang teman, khususnya menjadi teman saya?

Lanjutin yaa bacanya.....

1. Terima saya apa adanya ~ kayak lagunya kerispatih era duaribuan yang judulnya Terima Diriku Apa Adanya. eits.. emang kita gak perlu jadian untuk sekedar menjadi teman kok. Tapi kita harus saling pengertian. Makanya harus terima diri masing-masing apa adanya ~
Kenapa???? soalnya lirik lagunya Tulus - Jangan cintai aku apa adanya, hanya buat pacar saya tercinta. Hahahahaha

2. You must be ASIK. Kalo diajakin ngomong gak usah jaim. Gausah sok-sokan bijaksana ato kalem kalo aslinya kamu blangsakan kek saya. hhehehe. Aman aja kok.. kita hanya sedang berteman, bukan sedang pedekate-an. Tapi inget juga yaaa.. harus ada filter untuk penggunaan kata-kata berbau SARA dan bahasa alien nginjek poop.

3. Harus mau diajakin nyelfie. Seperti layaknya anak muda jaman sekarang, kita harus menaikkan tingkat kegaulan kita dengan minimal update status, ganti DP, check in path dan posting instagram. Jadi kalo lagi kounyu (rd: kongkow unyu) bareng saya, dan tiba-tiba saya ngajak selfie, jangan nolak yaaa ~ pliiiiiss.. ini semua demi eksistensi kita juga kok. :D
Dan jangan kaget kalo saya bete tiba-tiba, karena dapet penolakan nyelfie bareng dengan alasan "aduh.. muka aku lagi kusut", "aku lagi gak mood nih" dan lagi-lagi yang lainnya... Kalo saya mah, muka dalam kondisi apapun, diajakin nyelfie tetep hayuk aja laaaah ~ bodo amat sama muka yang kusut dan berminyak sekalipun. Semuanya pun bisa ditolong sama photo editor app. Kalo emang gak tertolong, yaudin.. emang adanya begini. xD

4.  Hentikan kegiatan DIET selama jalan sama saya. Saya ini doyan jajan, jago makan, dan tukang nyemil. Kalo ngajakin jalan, selain ke gramedia dan toko buku lainnya, saya pasti ngajak makan. Kecuali ada yang bisa nyebutin aktivitas berteman lainnya yang nggak melibatkan makanan. Ngemall ~ pasti makan. Ngafe ~ jelas makan. Nonton ~ wajib bawa camilan. Nyalon ~ bawa jajan buat bekal. Hunting foto ~ selesainya pasti ngajak makan. Apalagi kalo ngajakin jalan, terus agendanya "SEMBARANG". Waaaaaahhh.. sudah pasti saya yang bakal rajin nyebutin nama makanan buat pilihan kunjungan.

5. Jangan rempong, melebihi kerempongan saya. Egois yee bokk? Iya banget. Saya emang rempong tapi saya gak suka sama temen rempong. apalagi yang rempong cowok. Aduuuuuuhh...
Tenang-tenang... Kadar kerempongan saya masih diambang normal. jadi masih dalam kewajaran. Rempong nih maksudnya kalo diajakin jalan gak usah milih-milih temen nongkrong, milih tempat yang harus ada ini ada itu, trus dandanan yang hebring banget dan gak bisa masuk segala sektor, dan kerempongan lainnya.

Emang dalam berteman itu saya agak sarcasm. gak tau nih. bawaan lahir emang kyak gini. Saya hanya terus berharap dan berdoa semoga selalu ada teman-teman yang mau tetep berteman dengan saya dan tidak terganggu karena itu. Sarcasm bukan hal yang buruk juga kok. tergantung nyikapinnya kan?

Saya ini juga tipikal pleasure seeker gitu. maklumin kalo saya tidak terbiasa punya temen yang itu-itu aja. hanya wacana bagi saya punya bala-bala genk impian. saya suka ngegamblok sana ngegamblok sini. ngajak jalan sana ngajak jalan sini. efeknya ya gituuu.. temennya banyak, tapi temenannya jadi kurang berkualitas. maksudnya gak bisa dekeeeeeeeet banget. sekedar temen jalan, temen nongkrong, temen diskusi. Malahan quality true best friend saya temen-temen yang jarang ketemu. Ngobrolnya lewat telefon, trus kalo udah sekali ketemu, bisa seharian barengan sama dia, curhat dari terdalam sampai luar-luarnya.

Konsep pertemanan saya mah simple kok.. YANG PENTING BAIK SAMA SEMUA TEMEN. Terlepas dari suka dan gak suka sama temen itu.
Emang kalo ngomongin soal pertemanan itu sensitif sekali, bisa jadi pertemanan itu lebih complicated dari pacaran. konflik dalam pertemanan lebih rumit dan lebih susah diselesaikan dari pada hubungan pacaran kan? Pacaran kalo berantem bisa putus, bisa udahan aja. kalo pertemanan kan gak bisa diputus bagaimanapun caranya.
Intinya bagi saya, pertemanan itu sudah ada porsinya sendiri. Tempatnya tidak bisa diperbandingkan dengan yang lainnya.

"Whoever, whenever and whatever you are, as far as you can deal with my craziness, LETS BE FRIEND!!!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mari berbicara..