Desember 08, 2014

Curhat LDR : "yang cuma bisa bla..bla..bla.. bakal kalah sama yang bisa bla..bla..bla.." ITU KUNO

Beberapa waktu yang lalu saya kesetanan gegara dicengin trus soal LDR yang lagi saya jalanin sama pacar saya. Gak cuma quotes, artikel, meme LDR, images, atau apapun yang berbau LDR kini menjadi senjata bagi teman-teman untuk menggoyahkan kesetiaan saya. Alamaaaak, bahasayaaah!
Dampak dari disetaninnya gak parah-parah amat sih, palingan cuma jadi gampang kepikiran, bete tanpa sebab, curigaan yang meninggi, dan yang agak sedikit lebih mendekati parah adalah mempertanyakan keberhasilan hubungan ini. Astagfirullah, kalo ada Todd disini pasti saya udah dijitakin. :((((

*note: kalo mau lanjut baca, urat seriusnya dilonggarin dikit yah..


Pernah tau kan kalimat-kalimat "yang cuma bisa bla..bla..bla.. bakal kalah sama yang bla..bla..bla..". Beneran lho itu ngena banget. Emang sih kesannya buat lucu-lucuan aja, tapi emang pada kenyataannya, LDR ya gitu banget. Apalagi dipihak yang cewek.
Ini beberapa kalimat yang saya temuin :

Karena suatu hari nanti yang bilang “Udah makan belum?” bakal kalah sama yang bilang Makan bareng yuk!”
Karena suatu hari, orang yang selalu bilang: “Kita nabung ya buat masa depan kita” bakalan kalah sama yang bilang: Kamu mau belanja? Nanti aku yang bayar”
Karena suatu hari nanti yang cuma ngomong “Hati-hati di jalan” bakal kalah sama yang berani ngomong “Aku jemput di rumah ya”
Karena suatu hari yang selalu bilang, “Kamu pulang naik apa? Jangan ngebut yaa.” bakal kalah deh sama yang bilang Aku udah didepan nih nungguin kamu. Pulang bareng yukk”
Karena suatu hari orang yang ngomong “lagi ngapain?” bakal kalah sama yang ngomong “lagi gak sibuk kan? yuk nonton.”
Karena suatu hari orang yang selalu bilang “aku kangen kamu” bakalan kalah sama yang bilang "kamu dimana? Aku samperin yah kita jalan bareng”
Karena suatu hari nanti, orang yang sering bilang, “udah solat belum?” pasti bakal kalah deh sama yang bilang “sholat yuk, aku imamin yaa”

Yang cuma sering ngabarin, bakal bisa digantiin oleh yang selalu nemenin.
Yang sering bikin kangen, bakal kalah sama yang sering nemuin.
Yang nomer SATU bakal tergantikan sama yang SELALU ADA

Nah, nge-jleb gak sih?
pernah ngerasain nyesek ketika kemana-kemana harus sendiri, melakukan segala aktivitas dengan mandiri. Ngeliat temen dianter-jemputin, diboncengin, dibukain pintu sama pacarnya, bisa suap-suapan dan kegiatan berkencan lainnya, kita cuma bisa melongo sambil ngliatin layar handphone yang sepi notifikasi. :(
AAAAAAAAKKKK!!!!
Di satu sisi kita berjuang menjaga hati buat "yang cuma bilang", di lain sisi kemungkinan banyak orang yang menawarkan diri dan bersiap menjadi "yang selalu bisa".
Kalo udah gitu.... kontroversi hati dimulai.

Yasaalaaaaaaaaam.
Jahat banget kan? iya, banget.


Gegara obrolan absurd sama para ciwi dan para jejaka jomblowers via group chat kemaren, saya jadi -sempat- meragu loh. Dan perasaan ini seketika menjelma menjadi kebetean dan kejutekan ke Todd. Yang biasanya selow-selow aja, sekarang jadi gak nyantai. Hypersensitive lah pokoknya ~
Dan ketika kencan via suara mulai menghasilkan nada meninggi, si Todd langsung sigap ngeluarin pertanyaan "Apakabar hatimu hari ini, sayang?". Ini pertanyaan yang paling gak bisa dihindarin dan sayang kalo cuma dijawab "gak apa-apa", padahal aslinya emang ada apa-apa. Saya gak mungkin melewatkan kesempatan ini dong.. saya pikir ini adalah saat yang tepat buat numplekin perasaan dan hal-hal yang mengganggu pikiran saya ke Todd.

Saya langsung mengeluarkan sejuta kata buat jelasin ke Todd, keadaan apa yang sedang terjadi disini dan disini, (nunjuk dada dan kepala). Dan benar, manusia diseberang sana keliatan sangat memperhatikan dengan seksama tanpa memotong kalimat saya sedikitpun. Curiga juga sih, doi bener-bener dengerin ato malah lagi ketiduran. Tapi gak lama, saya dengar satu kata yang keluar dari mulut mas-mas kumisan itu sadis abis. nadanya sih nyantai, datar dan tanpa ekspresi, ya iya laaahh~ orang saya gak bisa liat mukanya.
"Bego".
Udah gitu aja.
Saya diam, Todd diam, jadi untuk beberapa waktu kita diem-dieman nunggu siapa yang dipanggil buat pulang duluan. eh salah, anak TK dong ini diem-dieman.
Yaa pokoknya ada jeda beberapa menit gitu ditelefon. Saya diem soalnya nunggu kalimat selanjutnya dari doi, Ya masa jutaan kata dan ribuan kalimat yang udah kluar masuk telinganya doi cuma dibales satu kata, ya saya gak terima, makanya saya tungguin. Eh gataunya Todd juga nungguin respon saya selanjutnya setelah denger kata yang baru doi ucapin. Jadi saling diem karena saling nunggu.

Naaaaah.. Pasti kalian penasaran kan gimana akhir dari babak diem-dieman dan saling nunggu ini?
Pasti nebak sampe kapan diem-diemannya, dan siapa yang mulai ngomong duluan??
Yaa kaan yaa kaaaan??? Ngaku aja kalo lagi kepo. Hahahaha

Okeee next ~
Dan ternyata NGGAK ADA YANG NGOMONG DULUAN. Kayak di sinetron-sinetron gitu, kita ngomongnya barengan. Todd manggil saya, dan saya manggil dia juga. Ciyeeee jodoh ciyeee~
Obrolan kemudian dilanjutkan dengan ceramah yang cukup panjang tentang keyakinan. Bukan cuma agama yang ada ceramah tentang keyakinan terhadap Tuhan, tetapi asmara juga ada ceramah tentang keyakinan hati terhadap komitmen cinta.

Jelas!
Todd ngejelasin semua tentang hal-hal yang harusnya gak jadi pengganggu pikiran saya, apalagi sampe membuat saya ragu. Tentunya dengan bahasa yang gampang tercerna oleh processor otak saya karena doi sudah menyadari kapasitas otak pacarnya yang terlampau lelet.
quote of the day dari Todd kali ini adalah :
"Orang boleh bilang "yang cuma bla..bla..bla..(talk only) bakal kalah sama yang bisa bla..bla..bla..(take action), tapi yang bisa bla..bla..bla.. bakalan kalah sama yang BERANI NGAJAK KAMU NIKAH, YANG UDAH BERANI NGOBROL SERIUS SAMA AYAH BUNDA KAMU, YANG BERANI NGAJAK ORANGTUANYA KE RUMAH KAMU"

Glek.

He's true right! Dan doi sudah melakukan apa yang doi katakan. Kok sempet-sempetnya saya meragu, padahal sudah tidak seharusnya doi diragukan.
Inshaa Allah. Amiiiiin.

Palls.. LDR itu emang susah-susah gampang.
Saya baru sekali ini menjalani hubungan jarak jauh. Dan jauhnya juga gak nanggung2. bukan lagi beda kota ato beda provinsi, tapi udah beda pulau dan beda zona waktu. Tapi masih syukur saya nggak menjalani LDR beda negara. Gini aja udah astagfirullah al adziim banget, apalagi kalo beda negara.

Dulu saya juga sempet mikir, yakali perempuan leo kayak saya ngejalanin LDR berbulan-bulan, perempuan leo kan gak bisa hidup sendiri, doi pasti butuh orang yang selalu ada disampingnya, everytime, everywhere. (aslinya gak ada hubungannya sih LDR sama Leo, sok sambung-sambungin aja) Belom lagi cerita-cerita dari para korban LDR gagal yang bikin saya mikir ratusan kali. Tapi kebetulan juga nih laki punya kemampuan brain wash gitu, pinter banget buat nyuci otak saya.

Eh, setelah beberapa waktu dijalanin, ternyata gak serempong, se-mengerikan, ga seribet, ga sesusah dan ga se-menderita yang saya bayangkan. LDR itu asik kok. Lebih asik malah.
Ntar ketemu fase kangen se kangen-kangennya yang bikin kita nangis tanpa sebab, trus bete maksimal yang bikin hasrat tinggi buat nyeburin diri ke laut, adalagi fase menghayal berduaan -ini paling sering dilakukan- tentang apa apa aja yang bisa dilakuin kalo seandainya bisa ketemu, adalagi perasaan optimis bahwa kita mendadak bisa terbang buat nyusulin pacar, ato ngintipin doi dari jendela kamar, fase bikin-bikin something yang lucu-lucu kayak scrapbook, ngoleksi struk makanan ato belanjaan yang didapet pas ketemu pacar kemaren, nulis-nulis surat atau buku harian,  trus bikin dating list buat rencana menjelang hari pertemuan. dan banyak lagi lah.

Kuncinya LDR adalah komunikasi, saling pengertian dan ASIKIN AJA ~
Kalo lagi mau ngapain bilang ke pacar, share kegiatan apa yang mau dilakuin ato udah dilakuin.
Kalo lagi pengen apa bilang juga, sapa tau pacar bisa kirimin dari sana.
Kalo lagi ngambek juga bilang, jangan asal marah-marah gak jelas, kasih komplain dan keluhan ke pacar dengan bahasa yang enak didengerin.
Kalo lagi mupeng, lebih baik jangan bilang, soalnya tau sendiri kan bakal percuma ~ xD
note: kalimat diatas bukan saya yang nulis. Ada tangan macho pelaku LDR lain yang nimbrung curhat (rd: bukan pacar saya)

Intinya semua hal yang kita lakuin, rasain dan pikirin harus dishare ke pacar. Pacar kita bukan ahli pembaca pikiran pun ahli nujum yang bisa tafsir mimpi, kecuali bisa ngobrol telepati berdua sama pacar.
Jangan bego. Jangan apa-apa dipikirin sendiri, jangan diputusin sendiri. Harus bisa rasional meskipun cinta berjarak bikin otak makin imajinatif. Jangan konyol, jangan cepet marah, jangan buru-buru menyimpulkan sesuatu hanya dengan dasar "apa yang dibayangkan".
LDR akan mengajarkan kita bagaimana mengendalikan emosi, menerima orang lain dengan ikhlas, memaklumi banyak hal dan menjadikannya wajar.

Udah yuk, tutup telinga, pandangan lurus ke depan, gausah tengok kanan kiri, kencengin niat dan enjoy the long distance relationship. Apapun yang dikatakan orang tentang LDR, saya menemukan kebahagiaan yang tidak saya dapatkan di kesempatan lain, yaitu:
merasakan jatuh cinta berulang kali pada orang yang sama. *senyummanis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mari berbicara..