Juli 09, 2014

Nasi Goreng Arang Salah Peradaban

Nasi goreng adalah makanan sepanjang jaman. Dari usia uti-uti sampe cicit cucutnya juga bakalan doyan sama makanan satu ini. Banyaaaaaaak banget jenis nasi goreng dan segala kawannnya yang bisa dipilih di resto bintang maupun di kaki lima. Ada nasi goreng kulit, nasi goreng ayam, nasi goreng hongkong, nasi goreng jawa, nasi goreng seafood, nasi goreng kambing, nasi goreng lada hitam dan banyak lainnya. Apapun namanya, intinya tetep satu, NASI YANG DI GORENG -sebenernya sih nasi yang ditumis, bukan digoreng-.

Ga ketinggalan nasi goreng arang yang keberadaannya blintitan di sepanjang jalan di Kediri baik jalan kota maupun kabupaten. Dan yang paling ga bisa nahan adalah kalo udah laper banget, begitu lewat depan abang nasgornya, trus nyium harum tumisan bawang sama aroma arang bakar.. huuuuuuaahh, siapa yang tahan godaannyaaaa???

Sebagai mahasiswi perantauan yang udah bosen banget sama makanan di Malang yang notabene "ga pernah ada yang pas di lidah" (pastikan tau bedanya pas di lidah dan pas di kantong ya..), pulang kampung dan makan nasi goreng ini dipinggir jalan adalah surga dunia ke-empat. Inget, harus dipinggir jalan, soalnya sensasinya bakal ilang kalo belinya dibungkus trus dimakan di rumah. Bukannya mau ngatain di malang ga ada makanan enak, tapi setelah bertahun-tahun melalang buana di dunia per-nasi goreng-an, belum ada sekalipun yang seenak nasi goreng arang dari Kediri. :D

Dan beberapa waktu lalu akhirnya saya ketemu sama penjual nasi goreng dengan kompor arang dan bau tumisan bawang yang mirip dengan yang kutemui di Kediri.
Begitu melihat tulisan di gerobak bapaknya aja hati udah seneng bukan maen.
"NASI GORENG KHAS KEDIRI "Mbok Mesem". Alhamdulillaaaaah.. Pada akhirnya hasrat untuk menikmati nasi goreng kediri tidak lagi harus tertahan karena keberadaanya kini sudah hadir di Malang.
Lebay ah... gitu aja. Memang! Fix lebay. Tapiiiiiii.... kalian belum tau perasaan yang saya rasakan saat ini.
Hahahahaha. Lega dan bahagia.

Kedai atau tempat jualan bapak nasi goreng kediri ini bertempat di sebuah emperan sebuah kios. Gerobak dibagian depan mengahadap ke pinggir jalan dengan beberapa meja kayu panjang dan beberapa kursi plastik di belakang gerobaknya.
Lokasinya bertempat di jalan Bunga Coklat, Kalpataru, Malang. Dari jalan Soekarno-Hatta (Soehat) terletak disebelah kanan jalan. Mungkin bagi pemburu kuliner ataupun mahasiswa dari Kediri yang merindukan nasi goreng khas Kediri bisa menjadi referensi. Jadi gak harus lama nunggu pulang kampung dulu buat menikmati nasi goreng arang. MUST TRY IT yaaa..